Teman Lama



Malam itu perut gue lapar gue terbangun dari tidur dan membeli makan menggunakan motor scoppy yang baru gue beli ditengah cuaca yang dingin gue mengendarai motor pelan-pelan dengan ingus menetes dimana-mana,sampailah gue pada satu pedagang ayam lalapan pada pukul setengah 1 pagi hanya itu maknanan yang bisa gue beli meskipun ada minimarket yang buka 24 jam tapi gue males harus pergi lebih jauh lagi nanti bisa-bisa gue masuk angin, gue memarkirkan motor dan memesan 1 porsi ayam lalapan lalu duduk menunggu sambil memainkan handphone sesekali dari arah samping gue lihat ada seorang pria bertubuh pendek sedang duduk gak jauh dari tempat gue, dia itu iwan teman waktu SMK gue dulu, entah kenapa kami seolah-olah jadi tidak saling mengenal, gue selalu berusaha buat menatap ke arahnya ingin menyapa tapi dia seolah-olah gak pengen disapa sama gue seakan dalam hatinya berkata ‘jauh-jauh loo dari gue cungkring’ padahal dulu kami sering bermain bersama entah kenapa sekarang dia begitu dingin ke gue, setelah pesanan gue dateng gue pulang dan meninggalkan iwan tanpa sapaan sedikitpun di jalan gue berfikir kenapa temen kita yang dulu akrab banget sekarang berubah seakan seperti orang asing apa kepala mereka kebentur atau gimana sihh

Nama gue dimas cowok kurus berkumis tipis, gue anak pertama dari dua bersaudara sebagai seorang kakak gue bisa dibilang cuek ,gue gak terlalu deket sama adik gue,kita beda  kira-kira 10 tahun gue yang berumur 20th sedangkan adik gue masih 10th mungkin waktu itu orang tua gue lagi khilaf sehingga terciptalah adik gue, Gue tinggal di kota Tabanan,provinsi bali,gue bukan tipe remaja yang pada kebanyakan menghabiskan masa mudanya dengan bebas, gue adalah tipe cowok mirip nobita tapi versi lebih culunnya.
Gue gak banyak punya teman salah satu teman kecil gue dari SD yang masih bertahan sampai sekarang benama Rian cowok keren dengan otak sedikit mesum, rian banyak bantuin gue dulu pas di bully , gue masih ingat dulu pas masih SMK gue pernah di palak anak satu sekolah namanya jordi badannya lebih kecil dari gue dengan pakaian ala preman sekolah baju di keluarin kaos kaki sampek mata kaki dengan kalung rapper saykoji,waktu itu gue dan rian yang lagi jalan ke kantin sekolah tiba-tiba di cegat sama jordi dan gengnya
‘ehh culun stop-stop,siapa namo loo ?’, kata jordi
‘ nama gue dimas’, jawab gue
‘pas banget gue lagi laper nih bagi duit dong’, kata jordi sambil merangkul pundak gue dengan wajah preman yang sok baik
‘kok lo mintak ke gue ? Emangnya orang tua loo gak ngasi uang jajan ?’,tanya gue
‘ahh berisik loo cepetan bagi duit apa mau gue kunci loo diwc lagi,jawab jordi mengancam
Gue sering banget di kunci di toilet saking seringnya sampai gue dikira kotoran yang kalok di siram nongol terus
Gue dan rian yang pada saat itu bingung cara meloloskan diri dari jordi dan the genk tiba-tiba rian berbisik sama gue
‘dim kayaknya gue punya ide dehh’ kata rian sambil melirik salah satu cewek tecantik di sekolah namanya devi seorang cewek ramah pecinta drama meteorgarden film yang waktu itu sedang populer, dia bisa di bilang primadona di sekolah banyak cowok di kelas gue juga rebutan buat bisa jadi pacarnya, bahkan anak sekolah lain juga ikutan naksir dia, saking jadi primadonanya sampai pernah terjadi tawuran karna memperdebatkan no BH yang di pakai Devi, sumpah ini hal tergoblok yang pernah terjadi di sekolah gue, saat itu rian memanggil devi dengan memanfaatkan kegantengannya, dia seolah-olah bebas memilih cewek beda sama gue yang harus bersemedi 7 hari 7 malam di gunung semeru, devi datang dengan rambut diikat satu dia kelihatan cantik seperti tokoh ino di film anime favorit gue naruto,
‘woii devii sini dulu dehh’, panggil rian
‘iyaa kenapa,ian’ sahut devi
Rian berbisik ketelingan devi
‘ini nihh ada yang mau kenalan sama loo dari kelas sebelah’ kata rian
gue rasa ini bukan ide bagus tapi tiba-tiba wajah jordi berubah melunak seperti permen karet yang habis di lepeh, gue gak tau ternyata jordi juga diem-diem naksir devi dan rian memanfaatkan kelemahannya itu
‘ehh ada devi, mau gabung juga sama kita’ kata jordi
‘iyaa nih katanya ada yang mau kenalan sama gue yaa’ sahut devi
‘iyaa nih kenalin temen gue jordi dia anaknya baik mau kenalan katanya sama loo dia juga suka nonton meteorgarden lohh’,kata rian
‘ehh masak sihh, ohh iyaa vii gue ngefans banget sama tao ming tse’ sahut jordi
‘ehh bukannya dia itu cowok yaa,kamu suka nonton yang cowok ?’, jawab devi
‘hmm iyaa soalnya dia ganteng aku jadi pengen kayak dia’ jawab jordi berusaha ngeless
Saat mereka sedang sibuk mengobrol berdua itulah kesempatan kami berdua menyelamatkan uang jajan dari preman kantin tengil
‘kalian berdua kayaknya cocok dehh , gue cabut dulu yaa ada pr yg bulum di kerjain nihh , kalian ngobrol aja dulu disini’, kata rian, gue yang saat itu masih heran ternyata jordi si preman kantin dengan wajah garang suka nonton drama meteorgarden, gue Cuma diem dan membiarkan rian mengatur semuanya
Ohh iyaa ian, kalian duluan aja ke kelas gue mau ngobrol dulu sama devi, ke kantin yukk dev gue traktir’, ajak jordi
‘ayukk dehh’, sahut devi
Saat itu gue berhasil lolos dari jordi, gue sangat berterimakasih sama om tao ming tse karna udah menyelamatkan uang jajan gue, lalu gue jalan ke kelas bareng rian.
Setelah Beberapa tahun lulus SMK gue bekerja di sebuah perusahaan sebagai seorang koki, karna orang tua gue yang gak punya biaya buat ngelanjutin sekolah ke universitas, gue akhirnya melamar kemana-mana dan di terimlah gue di sebuah restaurant kecil dengan gaji yang bisa dibilang minimal gue belajar banyak dari sana, awal karier gue gak mudah, gue harus belajar dari 0, pada saat itu gue bekerja sebagai pizza maker, gue sering di omelin sama chef gue karna salah membuat dough (adonan Pizza ) sampai akhirnya gue putus asa pernah sesekali gue mikir ‘kenapa yaa nasib gue gini-gini amat apa gue berhenti aja’ tapi gue gak putus asa bulan demi bulan gue lewati dengan penuh tekanan karna bekerja di kitchen kita harus siap dengan semua omelan,kata-kata kasar,belum lagi terkena api atau percikan minyak,konflik dengan sesama teman kerja sudah menjadi hal yang biasa, sekarang berantem besok udah biasa lagi, belum lagi dengan orderan dari costemer yang aneh-aneh atau ribet kita sebagai seorang koki harus selalu mengutamakan makan yg terbaik apapun yang terjadi di dalam kitchen, sampai akhirnya gue benar-benar mahir membuat pizza.
malam itu gue lagi break di loker sendirian seorang senior gue lalu dateng dan duduk di sebelah gue dengan rokok dan secangkir black coffe namanya om kevin pria 40th berkumis tebal
‘udah berapa lama loo kerja disini dim ?’ ,tanya senior gue
‘hampir 2 tahun deh kayaknya om’ jawab gue
‘loo gak bosen dim ?’,tanya om kevin lagi
‘bosen kenapa om ?’,jawab gue
‘yaa bosen dengan tempat ini dengan kerjaan yg sama tiap hari’ ,sahut om kevin
‘hmm engga sihh om kenapa gue harus bosen, emang om bosen yaa?’.tanya gue
‘umur loo sekarang berapa’, tanya om kevin
’20 tahun om tapi banyak yg bilang mukak gue kayak anak SMA sihh’,jawab gue
‘ahh eloo becanda diajak serius, gini dim loo masih muda perjalanan loo masih panjang masak mau stay di sini terus, keluar cari pengalaman gihh cari teman baru,cari ilmu baru gue udah tua dim,bentar lagi gue pensiun,ini kesempatan loo yg masih muda gue rasa keahlian loo buat pizza juga udh bagus’ jawab om kevin
‘iyaa sihh om,gue jalanin aja dulu sekarang’,sahut gue
Omongan om kevin malam itu membuat gue terus berpikir, apa iya gue harus nyari kerjaan baru, tapi gue udah terlanjur nyaman disini nanti kalok gue pindah takutnya tempatnya gak senyaman sekarang hmm jadi serba susah,

Malam itu gue lagi bosen dirumah karna lagi libur kerjaan gue Cuma main game dan nonton tv doang, gue menelpun temen gue krisna ngajak dia keluar, dia nawarin gue makan ke tempat temennya katanya enak banget, dengan mengendarai motor kami pergi ke kasana, sampainya disana ternyata Cuma warung biasa tapi terlihat sangat ramai gue heran restaurant gue aja gak seramai ini, gue harus ngantre untuk bisa duduk di meja makankarna tempatnya gak sebanding dengan costemer yg datang, akhirnya gue memesan 1 porsi nasi goreng, setelah itu tak begitu lama datanglah pesanan gue yg diantarkan langsung oleh bossnya, namanya pak edi dia seorang pria jawa berumur 50th, dia duduk di sebelah krisna dan ikut mengobrol dengan kami
‘malem pak gimana kabarnya nih makin ramai aja warungnya’, sapa krisna
‘iyaa nih alhamdulilah ramai trus mas krisna’ jawab pak edi
‘Ohh iyaa ini kenalin temen saya namanya dimas’,jawab krisna
Gue berjabat tangan sambil meperkenalkan diri gue
‘bapak kok warungnya bisa seramai ini apa rahasianya’,tanya gue
‘kata orang-orang yg pernah makan disini sih makanannya enak dan murah gak kalah sama restaurant makanya banyak yg balik kesini lagi’ jawab pak edi
‘saya lihat juga menu-menunya juga cukup familiar seperti menu yang banyak di restaurant’,tanya gue
‘iyaa mass itu semua saya peroleh dari semua pengalaman saya waktu masih bekerja di beberapa hotel dan restaurant dulu,jawab pak edi
‘lohh bapak pernah kerja di hotel ?’,tanya gue
‘iyaa mass, dulu waktu masih muda saya banyak nyari pengalaman sampai akhirnya sekarang bisa punya usaha sendiri’jawab pak edi
‘wahh hebat yaa, emang kalok pindah-pindah gitu gak takut dengan suasana barunya, harus mulai dari nol harus belajar lagi cari temen lagi’,tanya gue
‘hmmm itu semua sihh wajar mass, kita harus berani terima resikonya, jadikan itu batu loncatan biar lebih baik,keluar dari zona nyaman memang menakutkan tapi takut karna belum mencoba itu lebih pengecut mass, dengan setiap pengalaman yg kita punya kita belajar jadi yg lebih baik kalok kita gak tau salahnya kita juga gak tau cara bikin benernya mass itulah yg buat saya jadi seperti sekarang ini’,jawab pak edi
‘ohh jadi gituu yaa pak’,jawab gue
‘iyaa mass, permisi dulu yaa saya mau lanjut buat pesanan dulu’,kata pak edi
Beliau lalu kembali ke dapur meninggalkan kami berdua,Tak terasa makanan di piring gue udah habis,  gue mengambil dompet dan membayar ke kasir, malam itu membuka pikiran gue tentang suatu proses kehidupan, pak edi berani mengambil resiko dan berhasil sekarang, gue akhirnya belajar semua pilihan ada resikonya tergantung dari kita berani maju atau diam dan melihat orang tumbuh berkembang.

malam itu gue pulang kerja seperti  biasa, tiba-tiba seorang laki-laki berjaket hitam datang dari belakang dengan membunyikan klakson motornya, gue berpikir dalam hati ‘waduhh kena begal dehh gue sekarang’ yang waktu itu sedang maraknya terjadi aksi begal, gue lalu ngebut sekencang-kencangnya, tapi pria itu masih mengejar gue bahkan sesekali menyebut nama gue, aneh kita belum saling kenal tapi dia tau nama gue apa mungkin begalnya pesulap om dedi corbuzier,kan jadi gak seru yaa kalok kita di begal terus di suruh milih kartu dulu terus disuruh tanda tangan, masih dalam upaya gue meloloskan diri tiba-tiba motor gue mati ternyata bensinnya habis, tamatlah riwayat gue sekarang,tak lama kemudia pria itu datang dan memarkirkan motornya, gue yg udah ketakutan setengah mati berusha membela diri dengan mengambil batu seukurn bola baseball lalu pria itu membuka helmnya dan ternyata itu teman SMK gue Rian,
‘anjirrr ngapain loo ngikutin gue ian’, kata gue
‘lahh elo ngapai lari dim? Gue kan mau nyapa loo tadi, loo lari yaa gue kejar’, jawab rian
‘njingg, yaa siapa suruh loo berpakaian item-item udah kayak preman komplek aja’,jawab gue
‘hahahaha, maaf dehh gue baru pulang kerja gak sengaja lihat loo dijalan yaa gue deketin,masak gue mesti pulang ganti baju dulu’,jawab rian
‘alahh iyaa dehh, trus sekarang loo mau bantuin gue gak bensin gue abis nih’,jawab gue
‘sini gue dorong deket sini ada pompa bensin 24jam kok’,jawab rian
Alhasil malam itu kaki gue bengkak dorong motor,sehabis isi bensin rian ngajak gue ngobrol di sebuah minimarket sambil menyeruput sebuah susu coklat hangat,
‘ehh gimana kabar loo sekarang dim ?’,tanya rian
‘yaa gini-gini aja sihh, loo sendiri gimana ?’ tanya gue balik
‘baik kok, kerjaan loo gimana ?’ tanya rian
‘yaa lumayan nihh bulan ini lagi rame bookingan table’,jawab gue
‘wahh banyak duit dong traktir dikit lahh’, jawab rian sambil merayu
‘ahh taekk luu ian, gue bingung nih gue beberapa bulan yg lalu ketemu temen kita iwan kok dia kayak gak kenal gitu yaa sama gue, apa gue ada buat salah yaa ?’,tanya gue sambil menyeruput susu yg mulai dingin
‘gue juga dulu pernah ketemu temen SMK kita’,jawab rian
‘teruss gimana??’ tanya gue
‘dia nyapa gue kok’, jawab rian
‘kok elo bedaa yaa apa karna mukak kita beda jauh ?’,jawab gue
‘yaa enggak lahh begok, seiring bertambahnya usia semua orang pasti berubah, sama kayak iwan tapi setiap orang berubahnya beda-beda ada yg jadi baik ada yg sebaliknya, lagian kalok dia kayak gitu gak usah dipikirin mungkin dia lagi diatas terus lupa sama temen udahlah nanti kalok susah juga nyari kita lagi’,jawab rian
‘hmm gitu yaa’,jawab gue
‘tapi tenang aja setiap perubahan gak bakal ngilangin kenangan yg pernah ada,mungkin dia canggung gak tau mau ngomong apa karna lama gak ketemu’,jawab rian
‘atau mungkin dia lagi sariawan yaa makanya gak bisa ngomong’, jawab gue
‘dim.... dim..... loo masih aja kayak dulu,suka nyeletuk-nyeletuk gak jelas’,jawab rian agak sewot
‘yaa kalok gak gitu bukan dimas namanya’,jawab gue sambil ketawa
Malam itu kami habiskan dengan reuni walaupun Cuma berdua, gue menyimpulkan iwan bukan gak mau nyapa gue tapi positif aja fix mungkin mulutnya bau gak gosok gigi.





Baca juga cerita sebelumnya : Diary Remaja Bodoh " Dua Orang Yang Berubah"



0 Comments