Setiap cewek punya teman terdekat yang selalu mau mendengarkan curhatan mereka setiap hari, seperti saat salah satu dari mereka yang lagi galau teman-teman yang lainnya akan mendatanginya lalu bilang ‘udah semua cowok emang gitu’ atau ‘gak apa-apa semua bakal baik-baik aja’ sambil meluk si cewek galau itu, beda 180 derajat dengan cowok, kami para cowok susah untuk mengekspresikan emosi ketika salah satu dari kami ada yang sedang tertimpa masalah,palingan mentok-mentok juga ngajak main game bareng atau hangout keluar, nongkrong bareng gak mungkin juga kan gue meluk temen gue sambil bilang ‘ udah beb gak apa-apa kok semua bakal baik-baik aja’ mungkin gue bakal di laporin atas tindak asusila ke polisi, dalam kelompok pertemanan selalu ada orang begok yang di jadikan tumbal saat keadaan darurat, contohnya waktu itu gue masih duduk di kelas 3 SD saat buk rina guru bahasa indonesia gue mengadakan ulangan, gue yang sedang mengerjakan soal kaget tiba-tiba ada penghapus yang melayang ke kepala gue, ternyata itu yoga teman sekelas gue dia menyuruh gue buat nyalin semua jawaban di buku gue ke bukunya karna ke polosan gue atau lebih tepatnya ke begok’an gue, gue menyalin semua jawaban ke buku yoga lalu tiba-tiba buk rina sudah ada di samping gue

‘buku siapa itu dim ?’ tanya buk rina
Gue berniat pura-pura kesurupan agar gak kena omel buk rina tapi niat itu gue urungkan
‘bukunya yoga buk’
‘kenapa bukunya yoga ada di kamu ?’
Gue ingin menjawab tiba-tiba yoga menyambar
‘itu si dimas nyontek punya saya buk’
‘bener kamu nyontek ?’
Karna takut mulut gue berubah jad kayak aziz gagap
‘engg engg gakk kok buk’
‘ahh ngaku aja lu dim, nih aris saksinya buk’
Kamprett gue kalah suara yoga dan genknya mengeryok gue
‘dimas ikut ibuk sekrang ke kantor’

Alhasil gue di hukum bersihin WC seminggu, WC ini adalah tempat terkutuk di sekolah gue karna tampilannya seperti wc di film-film horor yang lembab dan bau, semasa itu gue gak banyak punya temen, gue jadi introvert lebih sering menghabiskan waktu sendiri pulang sekolah nonton tv,main game atau tidur siang. lingkungan sekolah SD gue dulu selalu memandang aneh orang-orang yang berbeda, gue bahkan sering di bully karna kondisi badan gue yang kurus dan lebih mirip seperti mayat hidup, hal paling membekas buat gue dulu pernah di kunci di wc karna gue kalah main petak umpet, bukan karna takutnya tapi baunya yang gak tahan, gue gak tau kenapa hidup gue seolah dekat dengan wc, hingga pada akhirnya gue melanjutkan sekolah ke SMP, gue kira orang sepeti gue bakal susah di terima disana tapi gue menemukan orang-orang yang bernasib sama seperti gue, yaa walaupun teman gue cuma berjumlah  4 orang,angga,aldi dan rizki tapi mereka adalah orang yang mau mengakui keberadaan gue, kami termasuk golongan siswa ghoib yaitu siswa yang kurang terkenal hingga sering kali dianggap gak ada bahkan kepala sekolah gue aja gak tau kami anak sekolahnya, saking gak terkenalnya dulu waktu jam istirahat kami berempat selalu makan dan duduk di pojokan kantin jauh dari keramaian (tempat anak-anak cupu) aldi yang duduk di dekat tong sampah pernah di timpug botol minuman karna di kira tempat sampah, gue gak tau mukak aldi mirip ton sampah apa tong sampahnya yang mirip mukak aldi tapi sejak saat itu hubungan aldi dan tong sampah jadi buruk. Gue juga selalu berangkat sekolah bawa sepeda bareng mereka karna rumah kami gak jauh dari sekolah dan lagi jalannya juga searah.
Siang itu selesai pelajaran gue dan teman-teman berkumpul di basecamp ( perpustakaan ) tempat dimana gak ada orang yang akan menindas kami, gue juga belum pernah denger ada preman suka baca buku di perpustakaan di siang bolong, kami duduk melingkar gue yang asik baca komik, rizki yang baca RPUL dan aldi yang sibuk memperhatikan tiruan kerangka manusia

‘dim ini hati kok tempatnya di dekat perut yaa ? padahal gue liat di sinetron kemarin pas pemain ceweknya di selingkuhin terus dia bilang “ sakit hati aku mas “ sambil nunjuk-nunjuk dada dehh, tanya aldi
‘di lu bisa gak sih begok di tempat lain, dimana-mana hati emang tempatnya di dekat paru-paru dan usus yang di sinetron itu cuma perumpamaan makanya jangan nonton sinetron melulu ’, jawab rizki
‘bener yang di bilang rizki tuh, nonton yang lebih berbobot kek kayak laptop si unyil gitu’, jawab gue
‘mau gimana lagi dari kecil gue udah di cekoki sinetron sama nyokap gue, kalok dia udah pegang remot gak ada yang boleh ganti chanel bokap gue aja pernah di sambit remot waktu mau nonton barcelone vs Palencia

‘wahh sakit emak lu sampek segitunya’, jawab rizki
Tiba-tiba angga datang sambil menggebrak meja
‘kita harus terkenal’
Seketika semua siswa di perpustakan memandang kami ‘ sssstttttt bisa diem gak sih, angga memelankan suaranya
‘kita harus jadi terkenal kayak kak robert dan genknya ’
‘kenapa kita harus terkenal ?’. tanya rizki
‘iya kenapa kita harus terkenal ?’ tanya gue
Aldi masih sibuk memperhatikan kerangka manusia
‘iyaa karna dengan terkenal kita gak akan di tindas lagi, emang kalian mau di palak terus ? sekali-sekali kita dong yang malak
‘jadi maksud lu kita harus jadi brandalan kayak kak robert ?’, tanya gue
‘iyaa karna cowok brandalan atau badboy lebih keren dan banyak di sukai cewek dim’
‘kayaknya ini ide yang buruk dehh’, jawab rizki
Entah kerasukan hantu sinetron mana aldi tiba-tiba menjawab
‘gue setuju’
‘kok loo setuju sih di, emang lu bisa jadi brandal ? sama tikus aja lu takut gimana menghadapi genk lainnya’,jawab gue
‘ soalnya di film-film cowok badboy itu keliatan lebih keren dim’, jawab aldi
‘sinetron lagi,  lagian percuma juga jadi badboy kalok mukak lu gak mendukung di’, jawab gue
‘iya mukak luu lebih mirip supir angkot’ sahut rizki
Karna angga terus berusaha membujuk kami, akhirnya gue dan rizki setuju
‘terus gimana caranya kita jadi anak badboy ?’ tanya gue
‘Pertama kita harus kelihatan sangar,besok kita coba tampil se sangar mungkin ok!?’

Keeseokan paginya gue dateng ke tempat biasa kumpul sebelum berangkat sekolah bareng dengan pakaian brantakan, baju di keluarin,lengan baju di lipat, kerah baju di naikan,kancing baju di buka sampai tetek gue keliatan, kaos semata kaki, rambut berdiri gaya anak punk,mungkin kalok cicak jatuh di rambut gue langsung tewas tertusuk. Gue melihat angga dan rizki menunggu di depan warung tempat kami biasa berkumpul ( di utangin ) mereka berpakaian hampir mirip kayak gue, lalu aldi datang dengan gaya SUPER METAL, baju di keluarin celana di robek-robek, bibir di kasi lipstik itemin, kuping di tempelin magnet ( biar dikira di tindik ) pakek rantai anjing di pasang di celana,pakek kalung berduri udah kayak anjing pitbull.

‘gilaa... penampilan lu sangar parah’ kata angga
‘ dari mana lu dapet rantai besi kayak gitu’, tanya rizki
‘ohh ini tadi gue lewat depan rumah pak agus tetangga gue, dia punya anjing nah gue liat ada rantai sama kalung nganggur, gue ambil aja eh taunya diliat si anjing gue kabur lahh bawa sepeda tau-tau gue jatoh nihh celana gue sampek robek-robek gini’ jawab aldi
‘wahh niat banget luu yaa’ jawab gue
‘iyaa gimana perasaan anjingnya tuh kalok tau kalungnya di pakai orang kayak elu’, sahut rizki
‘udah buruan kita berangkat udah kesiangan nih’, jawab angga
Pagi itu kami lebih kelihatan seperti 4 orang idiot yang baru keluar dari rumah sakit jiwa
‘kok kita diliatin terus yaa ?’ tanya gue
‘ya iyalah ini gara-gara mereka ngira kita bawa anjing pitbull’, sahut rizki
‘ini namanya anak PUNK’,aldi mencoba membela diri
‘mungkin mereka kagum karna kita udah kelihatan kayak anak badboy’,jawab angga

Tiba-tiba kami di hadang oleh ibuk medi ( guru BK di sekolah gue ) yang menunggu di depan kelas

‘ kalian apa-apaan, penampilan udah kayak gelandanga gini, itu apa lagi pakek kalung anjing segala ini tuh sekolah bukan pet show’ kata buk medi sambil menujuk leher aldi
‘ini namanya gaya anak badboy bukk biar keliatan keren gitu’. Angga coba membenarkan
‘ gak bisa! kalian sekolah disini jadi kalian harus mentaati peraturan disini, mukak udah kayak gelandangan di bilang keren, jaman ibuk dulu siswa seperti kalian udah di lempar bangku’, jawab buk medi
‘yahh jangan lah bukk kami masih mau hidup lebih lama lagi’, rizki memohon
‘gini aja sekarang lepas aksesoris aneh itu dan ikut ibuk ke kantor sekarang!’, jawab buk medi
Rizki mendengus, ‘ahh gagal deh kita, elu sih di kualat bawa-bawa rantai orang jadi berakhir gini kan’
‘yaa maaf... kan gue berusaha tampil sangar’. Jawab aldi
‘udah-udah nanti kita pikirin cara lain’, kata angga sambil merapikan bajunya

Kami pun harus  menerima hukuman lari mengelilingi lapangan 10x plus membersihkan WC selama seminggu.
Keesokan harinya aldi mengajak kami berkumpul dirumahnya sepulang sekolah untuk membahas rencana menjadi anak badboy selanjutnya.siang itu matahari sangat terik setibanya disana gue memarkirkan sepeda terlihat dua sepeda rizki dan angga yang sudah diparkir duluan

Tookk... tokk... tookkk... (mengetuk pintu)
‘Om swastiyastuu’ gue mengucap salam
Pintu dibuka terilihat ibu aldi yang baru selesai membersihkan rumah
‘aldinya ada buk ?’ tanya gue
‘ohh ada kok nak dimas, masuk aja angga sama rizki juga udah nuggu didalem’,jawab ibu aldi
‘iyaa buk makasii’
Gue masuk ke dalam kamar aldi terlihat aldi dan rizki sedang asik bermain PS 2 sedangkan angga yang sedang duduk di tempat tidur membaca komik
‘sory lama yaa gue nolongin kucing nyebrang tadi’, jawab gue cengengesan
‘alasan lu gak ada yang lebih aneh lagi ?’, jawab angga sewot
‘terus kita ngapain sekarang ?’,tanya gue
‘ahaa pertanyaan bagus (aldi meletakkan stik Psnya) gue mau ngasi liat kalian sesuatu’,jawab aldi
‘apaan ?’, tanya gue kepo
Tiba-tiba suara aldi jadi berat mirip seperti suara doraemon lalu mengeluarkan sesuatu dari kantong celananya ‘taraahhh alat menjadi badboy’
‘rokok ?’,jawab angga heran
‘iyaa rokok, di film-film badboy itu selalu ngerokok atau tatoan karna kita semua cemen dan gak berani sama jarum ini satu-satunya cara kita kelihatan badboy’, jawab aldi
‘gilaa luu ini mah badgookkk namanya’,jawab rizki
‘lagian luu fanatik amat sih sama film, lama-lama gue jadiin bintang film horor juga luu’ , jawab angga
‘jadi aktor ?’ tanya aldi
‘Enggak jadi SETANnya’ sahut angga
‘luu yakin mau ngerokok ? tar kalok nyokap lu tau bisa di gorok kita’, jawab gue
‘alahh semua aman nyokap gue lagi sibuk beresin rumah lagian pintunya kan gue kunci’,jawab aldi
‘ kayaknya yang ini gue gak ikut dehh’, jawab rizki
‘gue juga engga deh’,jawab gue
‘ahh cemen luu, gimana luu ikut ga ?’
‘gue ragu nanti kita jadi kecanduan’,jawab angga
‘alaah cemen banget lu semua nihh gue contohin’,jawab aldi
Dengan PDnya aldi mengambil satu batang rokok menyalakannya seperti seorang mafia

‘nihh gue aman-aman aja kok tapi kok pait yaa ?’ jawab aldi
‘ituu namanya kebalik begokk harusnya tembakaunya yang luu nyalain bukan gabusnya’,jawab rizki
‘anjirr luu kenapa gak bilang dari tadi’,jawab aldi kesal
‘siapa suruh luu begok’,angga sewot
‘udah dehh rencana ini jangan di terusin lagi bukannya tambah keren yang ada kita mati usia dini’,jawab gue
‘terus rokonya diapain ?’, tanya aldi
‘luu buang aja’,jawab angga
‘gue bakar aja sekalian dehh’,jawab aldi
‘luu gilaa yaa bakar-bakaran di dalam rumah bahaya kampret’,jawab rizki
‘udahh ini aman kok lagian gue bakarnya diatas piring stainles kok, udah tenang aja’,jawab aldi meyakinkan kami
‘serahh luu aja dahh’,jawab angga
Aldi mulai membakar semua rokoknya, asap memenuhi kamar aldi gue sampe gak bisa nafas gara-gara asapnya yang pekat lalu tiba-tiba pintu kamar di ketok
‘kamu baik-baik aja di, kok mama liat ada asap keluar dari kamarmu ?’ tanya ibu aldi
kami hanya diam karna bingung mencari alasan yang tepat, gue pengen jawab ‘engga apa buk ini Cuma kentutnya aldi yang udah di tahan 2 Minggu’ tiba-tiba pintu di dobrak
GUUBBRRAAKKKK.....
Ibu aldi menyiram kami semua dengan ember
‘kalian ngapain bakar-bakaran disini bikin ibu khawatir aja, hampir ibu telpon pemadam tadi’,jawab ibu aldi
‘gilaa kuat banget nyokap lu’, kata rizki
‘dulu dia pernah ikutan MMA’,jawab aldi
‘anjirrr’, gue melongo

Semua usaha kami selalu gagal gue memutuskan untuk mengajak aldi,angga dan rizki berenang di sebuah kolam renang yang gak jauh dari rumah. Pagi itu cuaca sangat cerah gue mengayuh sepeda dengan bersemangat. Sesampainya disana terlihat banyak keluarga yang sedang mengajak anak-anaknya berlibur disana. kami masuk kedalam membeli tiket dan mengganti baju

‘dii lama amat lu ganti baju doang udah kayak cewek dandan aja’,kata gue
‘iyaaa bentar ini bajunya terlalu ketat titit gue kejepit’,jawab aldi

Aldi keluar dengan pakaian ala atlet renang profesional lengkap dengan baju renang, kaca mata dan penutup kepalanya

‘anjirrr lu mau lomba dimana nyet ?’,tanya rizki
‘ahh luu gak ngerti fashion sih’,jawab adi songong
‘kita cuma mau main-main di berenang biasa bukan snorkling’,jawab gue
‘kenapa gak sekalian aja lu bawa tabung oksigen sama kaki kataknya’,jawab angga sewot
‘itu gue bawa di tas, tapi Cuma kaki katak kalok tabungnya dirumah’,jawab aldi polos
Rizki tepok jidat, ‘astagaaa kita kenapa bisa temenan sama dia sih dulu ?’,
‘udah-udah kita berenang aja dulu, gue pengen ngademin otak nih’,jawab gue
Kami berjalan menuju kolam sementara aldi yang masih sibuk membenarkan baju renangnya super ketat yang membuat tititnya kejepit.
‘dim kita cobak loncat dari atas itu yuk’, ajak aldi
‘gila luu itu tinggi banget ogah ah gue’
‘udah kita diem disini aja berendem’.ajak rizki
Tiba-tiba seorang anak kecil datang menghampiri kami  ‘ kak ini kan kolam anak-anak pindah ke tempat lain dong disini udah sempit tau’
‘tuhh kan gue bilang juga apa kita mendingan pindah ke kolam dewasa aja tadi’,jawab angga
‘tapi disana dalem tau, kita kan cebol-cebol’,jawab rizki
‘udahh kita pindah aja ketempat lain daripada bikin malu’,jawab gue

Angga,rizki dan aldi sedang asik berenang sementara gue duduk di bibir kolam memainkan kaki di atasair, lalu terdengar suara wanita memanggil entah dari man ‘anjirr padahal masih pagi setannya udah berenang aja’ pikir gue dalam hati, lalu gue melihat ke arah lantai tempat biasa orang loncat indah terlihat seorang wanita cantik memperhatikan kami dari atas ‘anjirr gue mimpi apaan nih pagi-pagi liat cewek cantik’ kata gue dalam hati

‘dim kayaknya lu di suruh keatas tuh sama cewek itu’,kata angga mencoba menyarankan gue menemuinya
‘guee grogi anjirr ,gue harus ngomong apa diatas ?’,gue menanyakan saran topik obrolan ke angga
‘ajak kenalan aja, tanya darimana,sama siapa kesini pertanyaan umum gitu lah’,jawab angga
‘udah kayak wartawan aja gue,’,jawab gue
‘mau dapet cewek gak lu ?’,tanya angga
‘mau lahh’,jawab gue
‘yaudah sana cepetan’,jawab angga

Gue lalu menemui si cewek dan mengajaknya berkenalan ternyata dia lebih tua dari gue tepatnya kelas 1 SMA jarak kami kira-kira 2th, namanya anggita cewek manis berkulit putih
‘ohh yaa kakak kesini sama siapa ?’,gue mulai melancarkan obrolan
‘sama adik-adik nih lagi nganterin mereka berenang’,jawab anggita
‘kok kakak gak ikutan berenang ?’, tanya gue
‘iya kakak lagi males aja, btw kenalin sama teman-teman kamu yang lain dong’, kata kak anggita
‘ohh iyaa kak sebentar yaa’,jawab gue
Gue menghampiri ke tiga teman-teman gue mengajak mereka ikut naik ke atas
‘nah ini namanya aldi kak’,kata gue memperkenalkan aldi
‘halo kak anggita’,sapa aldi
‘yang ini namanya rizki kak’, kata gue memperkenalkan rizki
‘kalok yan ini namanya angga kak’, kata gue memperkenalkan angga
‘salam kenal yaa,’jawab kak anggita
Saat suasana lagi bagus-bagusnya tiba-tiba si kampret aldi mulai berlagak sok cool
‘kak berani loncat dari atas sini gak ?,tanya aldi
‘enggak dek, kakak gak berani loncat terlalu tinggi’,jawab kak anggita
‘nahh pass banget kita berempat mau loncat nih yaa kan temen-temen ?’,jawab aldi songong
Karna takut terlihat cemen gue rizki dan angga mengiyakan ajakan aldi satu persatu temen-temen gue loncat sampai tiba giliran gue

Gue melihat kebawah ‘ anjirr tinggi banget, kalok gue tenggelam disini gimana’,pikir gue dalam hati
Keringat dingin mulai membasahi wajah sampai satu tarikan nafas panjang gue melompat dengan menutup mata
Bbbbllllluuuurrrrr........

Gue lebih mirip seperti sapi yang kecebur, gue mengambang dan langsung berenang ke tepian gue teriak kesenangan karna masih hidup. Gue melihat ke arah mendarat tadi ada seperti celana yang mengambang gue tersadar ‘ anjirr itu celana gue’ semua orang melihat gue dengan tatapan mesum temen-temen gue tertawa sampai guling-gulingan.gue segera mengambil celana itu dan mengamankan masa depan gue. Kak anggita juga tertawa kecil sambil menutup mulutnya mungkin dalam hatinya dia berpikir ‘ kok gue mau yaa kenalan sama bocah begok kayak gitu’ hilang sudah harapan gue.

Saat gue dan temen-temen yang lain berjalan pulang kak anggita memanggil gue lagi ternyata dia meminta nomor telpon angga dan gue. Kami lalu meninggalkan tempat terkutuk itu gue melihat penjaga kolam yang sedang mengganti air kolam tempat kejadian memalukan itu terjadi.
Setelah dari kolam renang gue mulai sering chat dengan kak anggita mulai dari hal-hal gak penting sampai ke curhatan pribadi, gue selalu mendengarkan setiap curhatannya layaknya seorang penonton yang asik melihat penyanyi favoritnya tampil.

Keesokan harinya waktu gue lagi duduk di kelas saat jam istirahat angga mendatangi gue ke kelas
‘dim, lu anterin gue nanti ke rumah anggita yaa’,kata angga
‘rumah anggita ? lo mau ngapain ?’, tanya gue balik
‘gue ajak main kesana sama elu’,jawab angga
Anjirr angga juga kayaknya angga juga suka sama kak anggita. Gue gak mau bersaing sama temen sendiri
‘nanti sepulang sekolah gue jemput lu di rumah ya’,kata angga
‘iyaa ga’,jawab gue

Gue bingung harus senang ketika sahabat gue mendapatkan seseorang yang dia suka atau sedih kehilangan orang yang gue suka, semua persoalan cinta-cintaan ini membuat gue bingung apa ini yang namanya patah hati sebelum waktunya.

Siang itu angga menjemput gue dengan pakaian rapi dan sepeda yang baru selesai di cuci penempilannya terlihat keren dalam konteks anak SMP pada jaman itu. Rumah kak anggita gak jauh dari kolam renang yang kami datengin waktu itu tepatnya di sebuah Kompleks perumahan sederhana. Angga yang terlihat sangat bersemangat mengayuh sepedanya dengan kencang sampai gak peduli ada banyak polisi tidur dia tetap gak mau memelankan sepedanya
‘Ga bisa pelanin dikit gak ini pantat gue bergetar hebat dari tadi’,jawab gue sewot
‘ahh elu pegangan aja yang kuat biar kita cepet sampek ni’,kata angga
‘awas lu kalok masa depan gue lecet-lecet yaa’,jawab gue
‘iyaa udah pegangan aja yang kuat’.jawab angga

Sesampainya disana gue cuma bisa diem jadi obat nyamuk mendengar mereka mengobrol seru, gue paksa senyum malah keliatan kayak psikopat dengan senyuman jahatnya. Tapi bedanya perasaan gue yang dibunuh. Hari-hari berikutnya berubah setelah kejadian itu gue jadi jarang chat’an sama kak anggita, gue juga lebih suka menyendiri di sekolah, gue membiarkan luka itu tersembunyi rapi, dan membiarkan sahabat gue mendapatkan kebahagiaannya sendiri. sampai siang itu waktu jam istirahat angga datang ke kelas gue dengan mukak kusut

‘dim gue kena PHP’,kata angga
‘PHP gimana maksud lu’,tanya gue
‘iya gue baru tau kalau kak anggita itu sebenernya udah punya cowok dia Cuma nganggep hubungan kita kayak kakak adik’an gitu’,jawab angga dengan nada sendu
‘Udah lu masih punya gue,rizki sama aldi kok, kita selalu ada buat lu’,jawab gue
Angga menggetok kepala gue dengan senyuman tipis ‘ bisa aja lu nyet’

Keceriaan yang dulu hilang sekarang udah kembali, angga meninggalkan keinginannya untuk jadi populer, rizki sudah menemukan bakat terpendamnya menjadi pemain musik dan aldi mempunyai puluhan koleksi film drama korea kami masih menjadi 4 orang bodoh seperti biasa
Gue sadar kami cuma 4 orang aneh yang sering melakukan kebodohan, tapi gue senang dari setiap kebodohan yang kami lakukan, gak pernah sekalipun kami melakukan kebodohan dengan meninggalkan sahabat kami demi hal baru yang mungkin terlihat lebih bagus,lebih cantik, dan lebih sempurna.











0 Comments