*Di suatu malam minggu yang cerah*
Cwek : tutt..tuuutt...tuuut.. (telpone)
Cwok : Haloo
Cwek : Haloo sayang kamu dimana sih ? kita jadi jalan gak ? lama banget jemputnya
Cwok : ini udah di jalan yang macet banget
Cwek : ihh aku udah setengah jam nunggu kamu lho, pokoknya kalok dalam 20 menit kamu gak ada di depanku kita putus !!
Cwok : ehh.. bentar bentar yang ada si komo lewat
Cwek : apa ?
Cwok : tuutt...tuttt..tuutt ( telpone mati )


Macet Macet dan Macet problem itu seolah sudah menjadi tradisi di setiap ibu kota, Kasihan banget yaa waktu yang seharusnya bisa di pakai untuk banyak hal malah terbuang percuma di jalan,belum lagi jika dalam keadaan darurat seperti  nganter orang lahiran,terlambat kerja,jemput gebetan,pengen boker, itu pasti gaenak banget rasanya kayak loo pengen marah tapi gatau mau marahin siapa.
Dan gue rasa yang seharusnya di salahkan bukan pemerintah, yang salah itu keegoisan kita sendiri,lahh kok jadi nyalahin diri sendiri ? yaa emang gitu, pemerintah udah berusaha buat solusi kemacetan seefektif mungkin terus kita sebagai warga negara gak mendukung upaya mereka kita masih nyaman menggunakan kendaraan pribadi dan terus mengupgradenya tiap tahun kalok tukar tambah sih masih mending yaa tapi kalo beli dan beli terus gue rasa itu yang jadi masalah, itu kan hak kita beli kendaraan ?, iyaa itu memang hak kalian dan makanya gue bilang diawal yang salah itu keegoisan kita sebenarnya, gue sering lihat fenomena keGengsian di kalangan masyarakat, misalnya harus berangkat ngampus dengan mobil pribadi,kemana-mana naik mobil biar dikira hidupnya bahagia,nyaman,dan enak,biar gampang dapet cewek, seolah-olah mobil jadi tolak ukur status sosial seseorang,  terus kalok pas kejebak macet ngeluh bialangnya “seharusnya pemerintah harus mencari solusi kemacetan ibu kota” menurut gue pemerintah udah berusaha maksimal kok bikin upaya misalnya aja di era jokow sekarang sudah membangun,banyak jalan tol,fasilitas umum, dan masih banyak lagi, tapi volume kendaraan terus bertambah tiap tahun mau di lebarin segimana lagi jalannya biar gak macet ?  semua ada perhitungannya tata letaknya gak mungkin juga kan rumah kita di gusur cuma buat lebarin jalan doang. Gue juga sering lihat prilaku egois pengguna jalan yang sering parkir sembarangan, gak mau ngalah sama pejalan kaki, dan cuma diindonesia yang salah malah nyolot udah tau melanggar malah marah-marah sama pak polisi ngakunya anak jendral.

 Mungkin kita bisa contoh negara tetangga kayak singapura dengan kepadatan penduduk yang banyak tapi disana jarang macet itu karna disana biaya pajak dan parkir kendaraan lebih mahal jadi orang harus berpikir 2x sebelum beli kendaraan dan itu sukses mengarahkan penduduknya beralih ke kendaraan umum, bahkan di negara maju seperti jepang mereka lebih nyaman menggunakan sepeda atau jalan kaki, jadi ibaratkan orang yang beneran kaya aja hidupnya sederhana nah elo yang masih miskin malah sok-sok an terlihat kaya.

Tiap tahunnya juga setiap dealer pasti mengeluarkan varian model kendaraan terbaru yang kemudian akan mentadi tren dan menjamur di setiap daerah lalu kita juga tidak mau kalah dan ingin mengikuti trend tersebut dan membelinya padahal kendaraan yang lama masih layak pakai gue rasa itu sudah menunjukan betapa consimptivenya masyarakat kita. Satu lagi kendaraan juga seolah menjadi tolak ukur tingkat kesuksesan orang, gue rasa itu kurang tepat menurut gue tingkat kesuksesan itu bukan dilihat dari seberapa banyak barang yang bisa kita beli tapi seberapa banyak barang yang telah kita hasilkan dan bermanfaat untuk orang lain. Sukses tidaknya lo juga bukan dilihat dari orang lain jangan hanya karna orang lain bisa beli ini itu dan elo engga bukan berarti lo gagal. Ukur tingkat kesuksesan kita dari diri sendiri misalnya tahun lalu belum bisa gini sekarang udah bisa, lihat perkembangan lo sendiri lihat hal-hal baru yang udah bisa lo capai sekarang, itulah kenapa gue sebut tiap orang punya jalan hidupnya sendiri, jadi tetap berada di jalan lo sendiri dan  terus berkembang.
Jadi meurut gue yaa kita jangan ke banyakan ngeluh kalok gak pengen macet jangan egois di jalan dan coba pakek kendaraan umum atau ojek online.

7 Comments

  1. Setuju. Alasan saya nggak mau disuruh beli mobil adalah: rumah saya dilewati jalur busway. Kalau transport umum gampang, kenapa perlu kendaraan pribadi?

    ReplyDelete
  2. Thats true, apalagi skrg sudah bagus2 transportasi umumnya meskipun beberapa daerah ada yg blm terbaharui tapi sarana sprti ojek online juga cukup membantu mnurut sya

    ReplyDelete
  3. Tapi mungkin harusnya ada peninjauan ulang kembali terkait kenyamanan transportasi umum, terlebih saya yang ada di daerah, untuk kesekolah pun jika memakai angkutan umum sepertinya susah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa untuk beberapa daerah memang hrus di optimalkan lagi transportasinya gan, tpi msih bisa pkai layanan transportasi online kok

      Delete
  4. Menurut gue macet itu kebutuhan gaes. ga macet ga maju wkwkww

    ReplyDelete
  5. Kadang kalo kejebak macet, mood istri saya jadi jelek dan keliatan dari gaya bicaranya yang ngomel2. syedih

    ReplyDelete
  6. mungkin nanti bisa dinaikan moodnya dgn blg "habis ini kita shoping" 😂

    ReplyDelete