Cewek Galak


Nama gue Dimas, definisi cinta menurut gue itu seperti awan orange di sore hari yang terlihat cantik dan indah. yang hanya bisa kita lihat dari kejauhan saat senja telah tiba ,hal ini yang gue pelajari dari seseorang, namanya Sinta, Seorang cewek cantik tapi galak,cuek,jutek dan super nyebelin yang pernah gue kenal, saking galaknya sampai dia di nobatkan jadi bendahara kelas karna kemampuan menagih uangnya yang melebihi Debt Kolektor, awal gue kenal dia waktu SMK, saat itu gue sekolah di SMK Dwi Tunggal Tabanan mengambil jurursan Jasa Boga,gue inget waktu itu pertama kali masuk kelas kita disuruh memperkenalkan diri masing-masing dan saat giliran gue tiba, gue  maju dengan dandanan serba rapi mirip anak SD yang dianterin nyokapnya saat baru mulai sekolah, dan tiba-tiba dia nyeletuk “ Mau Bikin KTP Dimana pak ?” alhasil gue diketawain satu kelas, miris emang gue dibully sama cewek yang bahkan kita gak saling kenal, sinta anak yang berprestasi di kelas beda sama gue,paling perstasi yang gue punya cuma pernah 2x pacaran.2x diselingkuhi,1x di php,dan 3 kali di tolak,gue sebut prestasi karna gak ada cowok dikelas yang nasibnya lebih buruk dari gue.
Awal gue deket sama dia itu pas kita lagi bikin tugas Seni Budaya satu kelompok, seperti murid kebanyakan dalam satu kelompok pasti ada peran dimana salah satu dari mereka yang paling pinter yang akan mengerjakan tugas-tugas tersebut, siang itu sepulang sekolah gue sedang main game dikamar seperti bisa tiba-tiba terdengar suara dari samping,handphone gue berdering ternyata sinta chat gue,
“dim, loo dimana sekarang ?”, tanya sinta
“gue dirumah lagi main game,kenapa tumben loo chat ?” jawab gue
“loo sibuk gak ?”, tanya sinta lagi
“engga kok kenapa emangnya ?”,bales gue
“iyaa nih gue lagi bingung,gue lupa beli barang buat tugas kelompok kita loo bisa bantuin gak ?” tanya sinta
“bantuin apa ?”,tanya gue
“yaa bantuin beli barangnya laa begok”,jawab sinta sewot
“lahh temen yang lain pada kemana ?”, tanya gue balik sedikit kesel
“mereka lagi sibuk katanya”,jawab sinta
Karna gue waktu itu juga gak ada kerjaan akhirnya gue nganterin sinta membeli barang-barang keperluan kelompok
“yaudah gue jemput dimana ?”, Tanya gue
“jemput di depan Gang rumah Gue aja”.jawab sinta
“okayy”,bales gue dengan tangan masih memegang stik PS
Tibalah gue dan sinta di sebuah pasar seni tradisional yang terletak di daerah gianyar,tepatnya di pasar seni sukawati disana terdapat banyak kerajinan tangan yang menarik,pasar seni sukawati di bagi menjadi 3 , masing-masing tempat saling berdekatan, dan yang paling ramai adalah pasar seni 1, gue dan sinta membeli sebuah piring dari batok kelapa di sebuah toko kerajinan,penjualnya sangat ramah seorang wanita bertubuh agak gemuk mirip tokoh ibu juragan di film kungfu husle, gue nyeletuk ke telinga sinta
“mungkin nanti loo kalok udah tua jadi kayak gini sin,hahaha”, kata gue sambil menahan mulut yang pengen ketawa
“enak aja 20th lagi tuh gue masih cantik yaa”.jawab sinta dengan nada kesal sambil mencubit perut gue
Bekas merahnya gak ilang selama tiga hari, bahkan saat gue pulang dari sukawati ,waktu itu gue selesai mandi keluar dari kamar mandi hanya memakai celana pendek dengan handuk ditaruh dileher, nyokap gue kaget melihat bekas merah di perut gue mirip kayak abis dicupangin, nyokap nanyak,“kamu ngapain aja tadi sama sinta, kok bisa merah-merah gitu perutnya ?”
Karna gue lagi males gue jawab aja “abis latihan silat mah gak sengaja ketendang sinta” lalu gue buru-buru masuk kamar sebelum diintrogasi keluarga gue yang lainnya.
Selesai membeli barang, gue dan sinta duduk di dekat pohon sembil meminum es kelapa muda,sambil bercanda ngomong-ngomong hal gak jelas, disela-sela omongan kami gue mengambil kesempatan dan bertanya ke sinta
“Sin,loo pernah suka sama seseorang diem-diem gak” tanya gue
“engga pernah kenapa ?” tanya sinta balik
“engga kok, gue iseng aja nanyak ”,jawab gue
“kalok loo sendiri gimana pernah jatuh cinta diem-diem ?”,tanya sinta
“emmm Pernah sih”jawab gue
“terus kenapa loo gak jujur sama orangnya kalok loo suka sama dia ?” tanya sinta
“karna gue takut ditolak sama dia level kita udah kayak beauty and the bast beda jauh”,jawab gue
“sekarang loo lebih takut mana, takut karna gak berani bilang apa takut ngliat dia jatuh kepelukan orang lain ?”tanya gue sinta
“ahh eloo ngasi pilihan gak ada yang enaknya”,jawab gue
“elehh dasar cowok Cuma mau enaknya doang,lagian loo jadi cowok cemen banget”,sahut sinta meledek
Karna hari itu sudah mulai sore gue dan sita memutuskan pulang,dan mengakhiri obrolan terselubung saat itu.
Kelanjutan dari obrolan itu membuat gue jadi makin deket sama sinta,kita chat tiap hari,sering telponan bahkan sesekali jalan berdua,akhirnya waktu kelas 12 pas menjelang lulus sekolah gue memberanikan diri bilang ke sinta tentang perasaan gue.
Saat hari terakhir ujian Nasional gue dan teman-teman sepulang sekolah pergi merayakannya dengan foto-foto di sebuah taman wisata alam sangeh yang di huni oleh kera-kera jinak, ini hal teraneh yang pernah gue lakukan berkumpul merayakan sesuatu yang bahkan kita belum tau hasilnya karna pengumuman kelulusan masih 2 minggu lagi dan ditemani oleh  para kera, saat itulah gue merasa mirip Sun Go Kong.
Liburan telah tiba gue mengajak sinta pergi ke sebuah obyek wisata air terjun di daerah buleleng, tepatnya di banyumala waterfall, ini kesempatan gue buat nyatain perasaan gue, gue membayangkan di tengah udara yang sejuk di temani percikan-percikan kecil air yang jatuh dari atas tebing ohhh momen yang sungguh sangat romantis, sialnya kenyataannya gak seperti yang gue bayangin, cuaca yang mendung saat perjalanan ,gue kehujanan, sampai di tempat tujuan malah di tolak dan gue pulang dengan perasaan yang lebih kusut dari kabel keadset yang di taruh di dalam tas.
Waktu kelulusan, gue udah mulai menerima kenyataan waktu itu, setidaknya gue udah lulus sekarang, seperti tradisi anak sekolah pada umumnya anak-anak sekolah gue ikutan touring ke berbagai tempat dengan menggunakan seragam sekolah robek-robek yang di cat pilok bertuliskan “Emak Bapak Anakmu Lulus 100%”, cewek-ceweknya juga gak mau kalah mereka berpenampilan seseksi mungkin menggunakan baju dengan belahan dada kemana-mana dengan rok sepaha di tengah matahari yang terik, gue bisa bayangin mungkin besok badannya berubah belang-belang kayak zebra, bahkan gue melihat ada seorang pemuda mukaknya udah gak keliatan remaja kira-kira berumur 27th menggunakan baju seragam yang kekecilan ikut bersama mengikuti aksi touring,gue curiga ini adalah salah satu guru BP gue yang menyamar jadi siswa.
Tamat SMK gue gak ngelanjutin pendidikan gue sementara sinta melanjutkan kuliahnya di Poltek selama 2 tahun gue bekerja di sebuah restaurant di legian kuta, sebagai seorang tukang masak,hal yang gue benci saat berangkat kerja adalah kemacetannya, bayangin aja kuta yang terkenal dengan berbagai macam hiburan dan salah satu destinasi wisata populer di bali dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi itu sangat nyebelin belum lagi para bule-bule brutal yang kalok ngerem itu pakek kaki ,gue heran sama penyedia jasa rentcar apa gak kasian liat motornya pulang-pulang ban nya tinggal satu atau pagi-pagi liat berita bule nyemplung sawah gara-gara gak bisa bawa motor,seakan uang bisa membeli segalanya gak sedikit juga gue denger berita kecelakaan gara-gara bule,belum lagi supir taksi yang suka ngerem mendadak buat nyari penumpang itu ngebuat setiap hari perjalanan gue terasa seperti di benteng takeshi harus melewati berbagai macam rintangan.
Gue dan sinta emang gak sedekat dulu lagi dia udah punya cowok  sedangkan gue juga udah punya cewek tapi kita tetap saling kabar-kabaran,sampai suatu hari gue denger kabar dia putus sama cowoknya gue sebenernya pengen ngibur dia saat dia sedih tapi gue juga harus ngejaga perasaan cewek gue, berbulan-bulan gue gak pernah lagi denger kabar sinta sampai akhirnya gue juga ikut putus sama cewek gue masalahnya karna gue kena tikung pelakor yang pada saat itu sedang musimnya,hari-hari gue sebagai jomblo di mulai pergi kerja,pulang,main game gitu terus sampai suatu sore gue dapet pesan dari sinta
“dim loo dimana lagi sibuk gak ?” kata sinta, tiba-tiba kenangan 5 tahun saat gue dapet sms yang sama darinya muncul di otak gue
“dirumah nihh lagi main game”, jawab gue
”jalan yukk”,kata sinta
“tumben loo tiba-tiba ngajak jalan ?” tanya gue
“gue lagi boring nihh mau nemenin gak nih”,jawab sinta
“iyaa bentar gue siap-siap dulu”,jawab gue
Bingung sekaligus senang gue bisa jalan bareng lagi sama sinta,dia gak berubah masih seperti dulu cewek galak dengan senyuman manis
“kelamaan loo dim,nih kulit gue sampek jamuran”,jawab sinta nyindir
“yaelahh cuma 20 menit doang, lagian jam segini macet”,jawab gue
“yaudah yukk jalan”,kata sinta
“mau jalan kemana ?”,tanya gue
“hmmm gue lagi pengen kepantai lihat sunset”,jawab sinta
“okeyy deh pegangan gue mau ngebut”,jawab gue,
Pletookkk... seketika kepala gue langsung di getok
“pelan-pelan begokk, loo gatau lagi bawa tuan putri”,jawab sinta
“putri kodok baru ada”,jawab gue sewot
Sore itu kita berjalan-jalan di pinggir pantai gue lihat wajahnya yang jutek sekarang sudah mulai berkurang meskipun galaknya masih tetap sama tapi seakan dia bermetamormosis menjadi kupu-kupu yang cantik,matanya berbinar terlihat lebih coklat dari biasanya sepertinya suasana hatinya sedang bagus,langit semakin menguning gue menghentikan langkah kaki melihat ada pejual jagung bakar,lalu kami duduk di atas pasir sambil mamakan jagung bakar
“sin, gimana kabar sekarang gue denger loo udah putus yaa ?”,tanya gue
“iyaa udah beberapa bulan yang lalu gue jomblo,loo sendiri kok putus sama dia ?”,tanya sinta
“hmm gue diselingkuhin”.jawab gue
“hahaha yang sabar yaa dim”,balas sinta sambil tertawa
“terus sekarang pacar loo kemana ?”,tanya gue
“gue lagi males pacaran,mendingan jomblo bebas gak terkekang”,jawab sinta sambil tersenyum
“gue mau nanyak boleh ?”,tanya gue
“iyaa tanyak aja selagi gue masih ada”,jawab sinta dengan nada meledek
“waktu itu kenapa loo nolak gue ?”,tanya gue
“hmmm loo beneran mau tau alasannya ?”tanya sinta balik
“iyaa sihh gue pengen tau”,jawab gue
“gue takut kehilangan sahabat”,jawab sinta sambil memandangi langit sore itu
“sahabat gimana maksud loo ?”,tanya gue
“yaa sahabat orang yang memperlakukan kita dengan baik bagaimanapun keadaan kita, gue takut kalau harus mengalami masa “pacaran-putus-musuhan-ilang”jatuh cinta itu bikin loo berubah jadi orang yang berbeda, gue gak mau merusak pertemanan kita dengan cinta-cintaan gue akui dulu gue pernah suka sama lo
o tapi gue lebih nyaman kayak gini dim,  duduk dipantai liat sunset sambil makan jagung bakar”,jawab sinta dengan senyum tipis di bibirnya
“sekarang loo udah tumbuh dewasa yaa”,jawab gue sambil memakan sisa jagung di tangan
“Maaf yaa gue baru bilang sekarang gue gak berani ngomong waktu itu”,jawab sinta
“udah santai aja kalii, gue juga udah ngelupain soal itu gue Cuma pengen tau aja alasan loo nolak gue waktu itu”,jawab gue
Sore itu kita habiskan dengan duduk ngelihat matahari terbenam sambil membersihkan sisa-sisa jagung yang nyangkut digigi, gue seneng dia nolak gue bukan gara-gara gue cowok culun,tapi perasaan itu mungkin masih ada sampai sekarang,gue lebih memilih mencintainya dalam diam karna disana gue gak bakal menerima penolakan.



Baca juga cerita sebelumnya : Diary Remaja Bodoh "Teman Lama"





- I Gede Wahyu Wiguna,Bali









2 Comments

  1. Keren bgt kisah mu bro.. pengen juga nulis cerita sebagus ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rafi : makasi udah mampir bro 😊,saran saya tulis aja dulu urusan jelek bagusnya nanti kan bisa belajar lagi yg penting usaha dlu

      Delete