Ketika kita tumbuh dewasa banyak hal yang mulai terasa berat seiring dengan berjalannya waktu banyak hal yang kita temui terasa beda saat kita sudah dewasa saat gue kecil ketika gue tersandung meja dan gue nangis nyokap gue selalu bilang ‘ ini mejanya yang nakal udah-udah jangan nangis yaa cup... cup ...’ ucapnya sambil memukul-mukul meja, sekarang pas gue udah gede kesandung meja dia bilang ‘ makanya jalan tuh pakek mata udah liat ada meja masih juga di tabrak’ sambil elus-elus meja. Padahal mata gak bisa di pakai jalan.
Hari minggu selalu gue habiskan dengan bangun pagi menonton film kartun favorit gue, tapi minggu pagi gue yang sekarang sudah digantikan dengan acara-acara gosip dan infotaiment gak jelas misalnya si artis anu digugat cerai istrnya,atau si anu sekarang sedang dekat dengan si anunya temen istrnya, ( Ngomong apaan sih gue) oke semakin gue dewasa tanggung jawab gue juga semakin besar, gue punya tanggung jawab terhadap diri gue sendiri tanpa harus bergantung pada orang tua, itu ngebuat gue harus berpir dua kali sebelum membeli apapun misalnya dulu gue kalok masih kecil kalok engga di beliin mainan sama nyokap suka nangis supaya akhirnya di beliin, sekarang kalok gue nangis guling-guling yang ada nyokap malah lari ninggalin gue dan bilang ‘ itu bukan anak saya sumpahh’. Waktu SMK dulu gue pengen cepet-cepet lulus dan membayangkan bekerja di tempat bagus punya penghasilan yang bagus dan mempunyai seorang pacar yang cantik lalu menikah dan hidup bahagia selamanya, oke itu barusan contoh dalam cerita di film disney kenyataannya hidup gak segampang itu, cerita-cerita di film itu sebenarnya pembodohan, sama seperti judul-judul FTV yang sering gue lihat contoh, Ibukku ternyata kakakku yang tertukar, Cintaku tertabrak supir Taksi,Tercyiduk cinta kids jaman now,kecolok cinta tukang cilok, dan masih banyak lagi, mungkin nanti gue pengen bikin ftv judulnya ‘Cintaku Terhalang kuota internet’ semua itu adalah strategi industri-industri film untuk menarik perhatian penonton untuk menonton film mereka, sementara sekarang film anak-anak mulai jarang makanya anak jaman sekarang udah pada tau cinta-cintaan, bukak sosmed liatnya foto anak SD selfie berdua pakek caption ‘ makasi yaah papah cayang udah nganterin mama beli permen lolipop tadi, besok kita lanjut main petak umpetnya yahh’ itu anak SD mens aja belum udah mamah papah lahh gue 20th gak dapet-dapet cewek (sory gue jadi baper sendiri), dulu saat gue kecil guru gue pernah nanyak, kamu kalok besar mau jadi apa ? gue jawab ‘ jadi orang sukses buk’ kalimat simple buat nutupin kalok gue sebenarnya gak tau mau jadi apa pokoknya yang penting sukses aja. Nanti gue akan cari sendiri caranya seiring dengan berjalannya waktu.
Waktu tamat SMK dulu banyak temen-temen gue sibuk memikirkan rencana kedepannya mau kuliah dimana, ngambil jurusan apa, kawin sma siapa,banyak lah pokonya rencana-rencana yang mereka buat demi masa depannya nanti, lalu gue ? yaa... masih aja tetap begokk, gue gak punya tujuan, gue gak tau mau jadi apa, selain dulu waktu masih kecil gue pengen banget jadi power ranger merah, orang tua gue juga gak punya cukup biaya buat nguliahin gue akhirnya berbekal skill memasak yang gue dapet waktu magang di hotel dulu gue memberanikan diri nyari kerja ke dunia luar yang keras dan kejam mungkin lebih kejam dari ibu tirinya bawang putih. mulai dari panas – panasan di jalan, belum lagi kena macet,kehujanan harus gue lewati untuk mencari pekerjaan dan lalu  lamaran demi lamaran gue sebar di beberapa hotel dan restaurant besar tapi selama 2 bulan tak kunjung ada balasan, waktu itu kerjaan gue di rumah cuma bangun makan tidur gitu aja seharian gue jarang keluar rumah bukan karna gak punya duit tapi karna gue emang gak punya rumah jadi gue  ngegelandangan di kolong jembatan, oke yang barusan gue boong. hari-hari membosankan berakhir saat gue mulai menerima telpon dari salah satu restaurant yang gue lamar katanya gue di suruh interview besok, akhirnya masa-masa jadi gelandangan berakhir, makan enak,jalan-jalan uhh sepertinya semua bakalan indah, lalu gue pergi ke barbershop mintak di cukur rambut yang pling rapi sama cukur kumis sampai ke cukur bulu ketek tapi karna mas-masnya keburu pingsan waktu gue buka ketek gue urungkan niat gue,karna gue gak mau membunuh seseorang untuk saat ini, hingga tibalah hari diinterview karna ini pengalaman pertama gue, gue dateng lebih cepat dari jam yang ditentukan gue lihat restaurantnya ternyata gak sebagus yang gue bayangkan restaurant kecil di gang PoPies kuta tapi gak apalah yang penting gue bisa kerja dan gak nyusahin orang lain di luar sana banyak yang susah cari kerja. gue duduk di meja kayu dengan table cloth berwarna merah putih dengan motif kotal-kotak, gue baru sadar ternyata ini adalah restaurant italia. Lalu tiba-tiba datang seorang bule berkepala botak yang menyinari mata gue, gue kira nih bule nyasar mau nanyak alamat, lalu gue di beritahu oleh seorang waitress disana kalau dialah bossnya,gue bengong keringat dingin mulai keluar dari mukak gue,badan menggigil,kepala pusing, perut mual ( gue masuk angin ), mampusss gue belum belajar bahasaa inggris kamusss mana kamuss, lalu gue diam-diam mengeluarkan hape di bawah meja dan siap mentranslate semua yang akan di katakan bule ini, lalu tiba-tiba ada sepatah kata yang keluar dari mulutnya..

Halo Apa Kahabarr ?’ gue bengong ternyata dia bisa bahasa indonesia meskipun gak begitu lancar mirip seperti menir-menir belanda di film si pitung, ternyata dia udah tinggal di bali selama 2tahun which is gue gabakal bisa ngatain dia pakek bahasa indonesia.
Kabar baik sir’, jawab gue

kamu yang mau ngelamar kerjahh disini ?

iyaa betull sir’ sambil menyerahkan surat lamaran gue

siapa nama kamu ?’

dimas sir

oke dimas perkenalkan nama saya lorenzo saya boss disini, dari cv yang saya baca kamu baru lulus sekolah right ?’, mendengar namanya gue jadi teringat pemain moto GP apa mungkin kepalanya botak akibat terseret di aspal sejauh 5 meter sehingga membuatnya gundul permanen

iyess sir, saya baru lulus sekolah dan ingin mencari pekrjaan’

oke oke bagus saya suka semangat kamu,coba ceritakan pengalaman kerjamu

saya dulu pernah traine 3 bulan di hotel bintang 4 di bagian tata boga ( tukang masak ) dan 3 bulan di sebuah restaurant juga di bagian tata boga

oke dimas apa saja yang bisa kamu masak ?

emmm saya bisa masak nasi goreng,capcay,club sandwich,cesar salad, spagethi aglio’olio sir’. 

Pengennya sih gue bilang ‘saya bisa masak mie instan,masak air,masak telor,sama bikin 
kopi,ngepel,cuci piring,nyapu,nyetrika’ tapi itu lebih mirip perjaan pembantu

kamu bisa masak pasta ?

iya bisa beberapa sir

coba kamu sebutkan bahan dan method memasak pasta yang kamu bisa’ gue terdiam mengawang-ngawang dan mulai mengingat-ngingat beberapa resep yang dulu gue pelajari,

baik saya saya akan membuat pasta “Spagethi Carbonara”
Ingridients :
1.       Pasta spagethi ( yang sudah direbus )
2.       Chop garlic dan onion
3.       Coocking cream
4.       Fresh milk
5.       Musterd
6.       Slice basil
7.       Salt & paper, chicken knor ( penyedap )
8.       Slice bacon,Ham ( daging sesuai selera )
9.       Kuning telur
Method :
1.       Saute ( tumis ) chop garlic & onion sampai harum
2.       Masukan slice bacon dan ham tumis
3.       Masukan cream dan susu lalu beri salt, paper, knor,slice basil
4.       Tambahkan musterd aduk hingga semua tercampur baru masukkan sepagethinya
5.       Terakhir tambahkan kuning telur aduk rata
6.       Sepagethi carbonara siap di sajikan


oke dimas saya rasa kamu cukup mahir, kamu di terima kerja disini saya harap kedepannya kamu bisa lebih baik lagi belajar dari senior-senior disini

Terimakasi sir, mulai kapan saya bisa bekerja ?

besok kamu sudah bisa mulai kerja

baik sir ’,
 gue bangun dari tempat duduk bersalaman dengan senyuman lebar lalu pergi meninggalkan bos bule itu

Akhirnya gue punya kerjaan tetap sekaranglah awal dari perjalanan hidup gue di mulai, gak ada lagi mintak uang jajan yang ada nabung dan memberi uang jajan ke orang tua, mulai mikirin masa depan, mulai menjalani hari-hari jadi seorang PEGAWAI. Walaupun gaji gak seberapa tapi setidaknya ini lebih baik daripada jadi gelandangan di lampu merah.


Hari pertama kerja 
Gue di sms di suruh kerja jam 16:00  which is itu berarti gue dapat shift sore mulai dari jam 16:00 – 00:00 dan shift pagi mulai dari jam 09:00 – 16:00, gue berangkat dari rumah jam 14:00 untuk menghindari macet karna ini pekerjaan pertama, jadi gue gak mau membuat kesan pertama yang jelek, sesampainya gue di tempat kerja gue masuk dan menyapa seorang waitress yang sedang membersihkan meja makan

selamat siang kak, perkenalkan saya karyawan baru di bagian kitchen’ sambil menjulurkan tangan dengan senyuman tipis

Ohh iyaa nama saya Lina,panggil aja kak lin, kamu kerja jam berapa ?

Kemarin sih di suruh kerja jam 4 sore udah ada di sini kak

hahahaha coba liat jamnya, kamu ke cepetan’ jawab kak lina sambil tertawa kecil ,gue menengok ke arah jam dinding anjirr baru jam setengah 3 itu berarti gue masih harus nunggu 1,5 jam lagi KAMPRET bisa luntur nih bedak gue,mana udah pakek parfum setengah botol anjirr....
hehehe iyaa kak mungkin saya terlalu bersemangat’, gue lalu berjalan melewati kak lina menuju loker untuk menaruh tas. Gue diem disana hampir satu setengah jam lalu datang seorang laki-laki berbadan gemuk berkumis tipis

Dia tersenyum  karyawan baruu yaa ?

iyaa bli, saya yang kemarin diinterview’ btw bli adalah sebutan orang bali untuk seorang pria yang lebih tua dari kita kalok itu cewek biasa di panggil ‘Mbok’

Oooh namanya siapa ?

dimas bli, kalok bli siapa ?

panggil aja artha,ohh iya kamu dari mana ?

saya asli tabanan bli

hah kamu dari tabanan ke sini ?

Iyaa bli gak terlalu jauh kok kira-kira 30 menit kalok gak macet

lumayan lahh bikin pantat pegel yaa hahaha’ kata bli artha menggoda

Hari itu gue bertemu banyak orang baru dan pengalaman baru yang bisa menjadi bekal buat usaha nanti, cita-cita gue waktu kecil mungkin akan dimulai dari sini, kayaknya gue akan betah disini teman-temannya asik-asik gak ada istilah ngamuk-ngamuk kayak di hells kitchen disini semua berjalan santai cinta damai, gue juga ketemu orang flores namanya rony dia senior gue sekaligus guru yang ngajarin gue bikin pizza dari mulai membuat dough ( adonan pizza ) sampai siap makan, yang gue kagumi dari rony adalah dia orang yang rajin dan ulet, dia juga satu-satunya orang floress dengan mukak sangar mirip preman tapi lemah dihadapan seorang wanita ini membuktikan bahwa wanita berada di puncak rantai makanan mungkin jika mereka bertemu komodo, pasti komodonya yang pura-pura mati. Wanita juga bisa membuat kita sebagai para cowok keliatan begok yaitu dengan kata “TERSERAH” itu pernah terjadi saat gue mau ngedate sama rini  ( mantan gue )

yang kita mau makan dimana nih ?

hmm terserah kamu aja’ ini adalah kata-kata horor yang membuat kaum cowok keliatan begok seolah-olah kita harus bisa membaca pikiran mereka, dukun aja kalau disuruh nebak juga pasti nyerah.

Gue mendengus ‘yaudah ke warung pecel lele depan komplek aja ya’

gak mau aku baca di google katanya lele hidup di lingkungan kotor suka makan tai, itu kan sama aja kita makan tai orang tapi dalam kemasan lain’, okee gak semua lele juga di kasi makan tai dan gue baru tau tai ada kemasannya,

gimana kalau kita makan sushi ?

aku gak suka makan ikan mentah, aku baca di google ikan mentah banyak mengandung bakteri salmonella dan cacing pita’, sushi yang ada di restaurant jepang biasanya sudah diolah dengan cara tertentu sehingga bakterinya hilang jadi gak sepenuhnya benar sih, orang jepang juga suka makan sushi makanya orang jepang pintar-pintar.

yaudah ke kfc aja yuk ?

engga ah aku gak mau makanan yang berminyak nanti kalok aku gendut gimana ?’ ingin rasanya gue bilang ‘yaa kan nanti kalok kamu udah gendut aku jual ke rumah pemotongan kan lumayan hasilnya bisa buat jalan-jalan’ tapi gue urungkan niat gue karna takut di gampar bolak-balik pakek helm.

yaa teruss kamu mau makan apa ?

ihh kok malah nanyak aku, yaa terserah kamu aja

kan aku udah banyak ngasi saran tapi kamunya gak mau

tuhh kan kamu emang gak pernah ngertiin aku, semua cowok sama aja bajingan

tapi aku bukan bajingan sayang

Yaudah berarti kamu bencong

tapi aku bukan .... ’ tiba-tiba rini memotong pembicaraan

 ‘ Turunin aku sekarang

Tapi yang..

gamau pokoknya turunin aku sekarang atau aku teriak

yangg kita masih di depan rumah kamu dari tadi kita belum kemana-mana

yaudahh kita masak mi instan aja di dalem

mau mie goreng apa mie kuah

TERSERAH

 Gue juga ketemu bli Agus menurut rumor yang bereda dia adalah seorang playboy yang sering gonta-ganti cewek menurut saksi mata, mantannya bertebaran di seluruh kabupaten di bali, dia menandai suatu daerah yang sudah dia lewati dengan menaruh mantannya disana ini mirip seperti kucing yang menyemprotkan air kencingnnya ke tempat-tempat tertentu untuk menandai bahwa itu adalah daerah kekuasaanya. ada juga kak anggie seorang cewek tomboy yang selalu manggil gue dengan sebutan ‘Anak pandak’ bukan panda yaa, Pandak adalah nama kampung gue karna dia juga berasal dari tabanan dan sering lewat kampung gue yang jalannya sebagian besar di ukir ( alias rusak parah ) dan saat dia melewati jalan yang rusak itu dia selalu inget mukak gue katanya which is itulah kenapa gue selalu di panggil ‘Anak Pandak’. Gue juga punya teman namanya wira dia orang bulelang ciri khasnya adalah logat bulelengnya yang kental, gue bli agus dan wira sempat naksir seorang waitress bernama juli orangnya cantik bodynya juga bagus mirip artis ariel tatum gitu lah tapi sayang diantara kami bertiga yang paling berhasil ngajak jalan juli cuma bli agus walaupun akhirnya mereka gak jadian dan kami bertiga gak ada yang berhasil, gue juga banyak mengalami masalah disana mulai dari bossnya yang bawel, berantem sesama teman kerja, sampai ke yang paling serem DIEM-DIEMAN menurut gue ini adalah cara berantem paling serem karna saat kita kerja satu shift bareng ini akan mirip seperti adegan film charlie chapline kadang kita menggunakn sandi morse untuk berkomuniaksi atau bahasa tubuh, suasan berubah jadi dingin dan sunyii bekerja tanpa suara di tambah dengan mukak judes menambah keseraman di tempat kerja, tapi itu biasa terjadi sekarang berantem besok akur lagi jadi gue udah terbiasa. setiap pergi kerja gue selalu menggunakan sepeda motor yang memakan waktu kira-kira sekitar 40 menit tapi itu akan menjadi sangat menyebalkan jika di tambah dengan macet, di tempat terkenal seperti kuta ini banyak wisatawan domestik maupun mancanegara which is membuat jalanan tambah macet apalagi rata-rata bule-bule kampret ini mengendarai motor dengan brutal dan yang lebih parah lagi mereka suka mengerem pakai kaki entah itu kakinya sekuat apa tapi kalau dengan kecepatan 60km itu kaki gue yakin bisa terkikis aspal jalanan kalok buat ngerem, setiap tahunnya ke macetan di bali terus bertambah mungkin suatu saat nanti saking macetnya pas gue baru bangun tidur terus nengok ke samping udah ada mobil tetangga gue yang parkir di sebelah kasur gue. gue hanya menghabiskan waktu 8 bulan disana karna kebutuhan yang semakin meningkat dengan gaji yang tidak ikut meningkat gue akhirnya mencari lowongan ke beberapa situs pencari kerja.

Beruntungnya gue di terima di sebuah restaurant di pinggir pantai dauble six, memang disana salarynya lebih besar tapi anehnya gue disuruh mengumpulkan ijazah asli dan akan di kembalikan saat gue udah berhenti kerja disana, ini nyari karyawan kayak daftar sekolah aja, karna sudah setengah jalan daripada gue harus menganggur lagi gue iyakan semua persyaratannya, disana gue kerja 8 jam ada banyak sekali shift tapi dari semua shift. gue paling benci sama yang namanya split itu adalah jam kerja dimana kita masuk kerja 2x dalam sehari pembagian waktu 8 jam di bagi 2 yang berarti kalau kita bekerja jam 12 siang kita akan pulang jam 4 sore lalu kita akan kembali kesana jam 6 sore sampai jam 9 malam dan gue lebih seneng menyebutnya shift kerja rodi.

Hari Pertama
Waktu Pertama kali gue masuk kerja itu dapat shift pagi seperti biasa gue selalu datang paling awal, gue duduk di depan teras restaurant menunggu sambil mendengarkan musik lewat headset, gue suka banget pakek headset kemana-mana, jalan-jalan, pergi kerja,ke pantai, sampai pas lagi boker headset selalu menemani hari-hari sepi gue. Gak berapa lama kemudia datang seorang cewek kayaknya dia karyawan di kitchen terlihat dari seragam yang dia pakai

Pagi kak, saya karyawan baru disini ’ sapa gue sambil menjulurkan tangan

ohh iyaa nama saya irma panggil saja kak irma, kamu baru pertama kerja disini ?

iyaa kak kebetulan kemarin saya di kabarin sama chefnya disuruh kerja sekarang

ohh gitu kemarin saya libur soalnya ,btw yukk masuk ke dalem nanti saya cariin loker yang kosong buat kamu

iyaa kak

Gue menaruh tas dan helm di loker sementara kak irma masih sibuk membenahi rambutnya yang kusut karna memakai helm
‘ kak irma udah berapa lama kerja disini ?

hmm kira-kira udah 2 tahunan lahh

ohh gitu yaa

kamu sendiri baru pertama kerja apa dulu pernah kerja sebelumnya ?

udah sihh kak, di kuta di jalan popies di kitchen juga

terus kenapa selesai disana ?

hmmm gajinya kecil kak, maunya sih nyari yang lebih gedean sambil nyari pengalaman baru gitu

yaudah semoga betah yaa kerja disini maklumin aja kalok chefnya agak keras yaa

ohh iyaa kak gak apa-apa udah biasa kok
Kata-kata dari kak irma membuat gue berpikir segalak apasih chefnya disini padahal dulu waktu interview anteng-anteng aja.

Gak beberapa lama datang karyawan yang lainnya gue dan kak irma pun masuk ke kitchen , tempatnya memang lebih luas di bandingkan tempat kerja gue yang dulu, gue di taruh di bagian masakan asia yang bertugas membuat berbagai macam masakan asia dan semua makanan yang berhubungan dengan WOK ( wajan besar ) seperti, nasi goreng, capcay, mie goreng dan masih banyak lagi. Yang gue kaget disana ternyata rata-rata kayawannya masih muda which is gak beda jauh dari umur gue, entah apa alasan chefnya mencari karyawan yang lebih muda semoga aja pantat gue aman apalagi kejahatan pedofil saat itu sedang maraknya. Gue yang belum terbiasa masak masakan asia otomatis harus mulai dari nol gue juga harus kenalan sama WOKnya bukan dengan cara salaman tapi tangan gue melepuh kena WOK yang panas, bli koming adalah senior yang ngajarin gue di asian dan di bagian grill beberapa hari berlalu gue mulai semakin pandai sampai saat itu malam tahun baru tiba lonjakan tamu yang naik dengan cepat memaksa kami harus bekerja seperti mesin tempur yang terus di bombardir dengan orderan saat itulah gue melihat sifat asli chef gue muncul cacian makian terus keluar dari mulutnya mulai dari Bangs*at,monyet,anjing, sampai ke semua nama-nama binatang dia sebutkan gue jadi ngerasa sedang ada di kebun binatang setiap orang di panggil dengan sebutan binatang, bli koming di panggil anjing, temen gue puja di panggil monyet,dan gue di panggil tuyul entah darimana dia mendapatkan inspirasi itu setau gue tuyul gak suka main di kebun binatang mungkin kalau ada tuyul yang dengar gue bisa di tuntut dengan pencemaran nama baik, teman-teman gue banyak yang gak betah dengan sifat chef ini bukan karna ke brutalannya tapi karna dia menganak emaskan salah satu karyawan perempuan bernama rina, si kampret rina ini selalu mengadu yang gak bener ke chefnya nah begoknya si gendut ( chef )  langsung percaya dengan semua yang dikatakan rina ( si kampret ) akhirnya karna mereka berdua menyebabkan banyak karyawan yang keluar, gue jadi ngerti kata-kata kak irma waktu itu, tapi sekarang chef gue semakin banyak akal agar tidak ada karyawan yang kabur tanpa pembritahuan maka setiap orang yang ingin bekerja di sana harus mengumpulkan ijazah asli dan gue terjebak dalam penjara jahaman ini dengan sekumpulan binatang dan pawangnya yang galak, satu persatu senior gue keluar, gue jadi semakin tertekan karna gak ada lagi panutan gue dalam bekerja akhirnya gue memutuskan untuk ikut keluar waktu itu gue beum kepikiran mau kerja dimana yang gue tau hanya harus keluar dari tempat menyebalkan ini gue memberanikan diri menyerahakan surat pengunduran diri gue ke chef lalu seperti biasa setiap orang yang mau mengundurkan diri selalu di ajak ke sebuah ruangan pendingin tempat menyimpan sayur dan semua kebutuhan kitchen gue gak tau apa alasannya tapi gue mulai khawatir dengan keselamatan pantat gue. Sesampainya di dalam gue mulai menjeaskan

selamat siang chef

iyaa siang, kamu benar mau keluar ?

iyaa chef saya ingin mencari pengalaman baru’, gue membuat alasan untuk menghindari konflik, kalau gue bilang jujur ‘ karna loo tuh terlalu galak kampret’ mungkin gue akan di mutilasi menjadi beberapa bagian dan di simpan di dalam ruangan pendingin.

ohhh kamu sudah dapat pekerjaan lain ?’ dia bertanya sambil mengkrenyitkan alisnya
belum chef saya akan mencarinya nanti kalau sudah selesai bekerja

jadi begitu yaa, oke wahyu ngomong-ngomong soal pengalaman kamu itu menurut saya masih kurang banyak hal kenapa kamu ingin berhenti sekarang ?’ tatapaan tajam matanya membat gue mengambil ancang-ancang mengambil sebuah terong di belakang tempat gue berdiri jaga-jaga kalau suatu saat bule ini mengamuk. Gue hanya terdiam mendengarkan ocehannya lalu saat dia sudah berhenti mengoceh gue bertanya

jadi chef kapan saya bisa mengambil ijazahnya ?

setelah kamu selesai kamu bisa langsung mendapatkan ijazah beserta gajimu

oke chef terimakasi

iya semoga kamu senang dengan tempat kerjamu nanti
Akhrnya gue keluar dari ruangan itu, rasanya semua uneg-uneg gue selama ini keluar, terkdang , melepaskan sesuatu yang memang tidak cocok, lebih baik dari pada memaksakan untuk terus bertahan yang akhirnya hanya membuat kita tidak menjadi diri kita sendiri.

Beberapa hari kemudian gue resmi berhenti meninggalkan teman-teman gue yang masih terperangkap di dalam kandang itu, gue melihat dari balik jeruji besi mata mereka sendu melihat gue temannya berhasil kabur dari tempat mengerikan itu. Di perjalanan pulang gue berfikir mau sampai kapan gue kayak gini, kerja- gak cocok – keluar gitu aja terus. sesampainya di rumah gue membuka youtube gue gak sengaja melihat video traveling seorang bule bernama ‘sam kolder’ dia adalah seorang traveller yang membuat video-video travelingnya dengan effect yang menakjubkan dan transition yang membuat orang kagum melihatnya, gue pertama kali suka waktu melihat videonya yang berjudul ‘My year 2016’ itu adalah sekumpulan video travelingnya di tahun 2016, dia juga menginspirasi banyak anak muda di dunia untuk membuat video traveling, yang paling gue kagumi adalah dia bisa menghasilkan uang dari sesuatu hal yang dia suka, gue percaya kalau kita bekerja dari hobby kita semua pekerjaan akan terasa ringan dan tidak terbebani sehingga kita akan lebih maksimal dan mencintai hidup kita. Suatu hari nanti gue juga ingin bekerja dari sesuatu yang gue senangi tidak terikat dengan perusahaan memulai usaha sendiri menjadi bos untuk diri gue sendiri.


Hari-hari sebagai pengangguran datang lagi kira-kira sekitar 2 bulan lebih gue diem dirumah, sibuk bertapa mencari info tentang loker terbaru selama 7 hari 7 malam gak keluar kamar gue melakukan semua aktivitas di kamar, mulai dari makan,mandi,boker sampai kencing di botol sampai kamar gue di kerubungi lalat-lalat hijau ( oke yang barusan sumpahh gue becanda guys ).

Sampai akhirnya gue mulai bekerja lagi di sebuah restaurnat di daerah legian yang bernama yours restaurant, hari itu pertama kali kerja gue menunggu di loker. kali ini beda gue mendapat teman kerja yang lebih dewasa mulai dari bapak-bapak,ibuk-ibuk sampai seorang kakek, kakek itu adalah chef gue kami biasa menyebutnya kakek sugiono bukan karna mukaknya mirip pemeran bokep jepang itu tapi karna sifatnya yang suka mencari janda-janda muda, yaa kakek mesum ini suka sekali memamerkan selingkuhannya yang bernama tika, gue gak ngerti apa yang di cari dari kakek-kakek kriput yang mungkin umurnya tinggal menghitung hari ini tapi yasudahlah itu urusan mereka, gue juga punya banyak teman yang seru-seru , bahkan disana ceweknya gak jaim buat ngomongin hal-hal jorok beda kayak cewek-cewek yang gue temui sebelumnya yang rata-ratamereka akan bilang quots-quots bijak soal relationship dan sex tapi akhirnya mereka hamil diuar nikah atau pamer foto-foto mesra berdua di kamar bareng cwoknya, ngapain juga cewek-cowok berdua di kamar kalok bukan gituan masak main karambol?, yaa begitulah tingkah cewek jaman sekarang kata-kata sama aslinya jauh beda. Disana gue mendaptakan ilmu dan pengalaman baru dalam memasak tapi salah satu pengalaman gue yang berkesan adalah belajar malak orang, aneh tapi ini sudah menjadi tradisi disana bahwa setiap pedagang kaki lima yang masuk ke sana akan di tagih beberapa rupiah saja atau di mintai barang yang mereka jual seperti DVD ,minyak urut,mainan,powerbank, dan maish banyak lagi sebagai pajak jualan kami hanya memalak jika ada bule yang membeli barang mereka. Lalu gue di suruh memalak seorang pedagang DVD bajakan yang hari itu sedang berjualan disana karna ini pertama kalinya gue malak orang (biasanya gue yang di palak) gue memberanikan diri memanggil abang-abang yang sedang jualan itu karna DVDnya laku banyak

dim loo liat gak tuh ada mas-mas yang jualan DVD’ kata pak herry senior gue
iyaa liat kok pak kenapa ?

sekarang coba kamu palak mas-mas itu

tapi saya gak pernah malak orang pak, caranya gimana ?

udahh kamu cukup panggil terus pasang mukak sangar keluarin tangan kamu seolah- olah mau minta duit

oke pak

Gue memanggil dari lubang tempat outnya makanan

Woiii bang ‘ gue memanggil dengan nada pelan mirib seperti kucing lagi sekarat.

Abang penjual DVD itu menoleh

Gue memberi kode meminta uang dengan mengadahkan tangan’ lebih mirip seperti gembel yang meminta-minta di lampu merah

Abang penjual DVD itu memberi jempol dan menyuruh gue menunggu dia selesai bernegosiasi dengan bule yang membeli kasetnya. Gue lalu kembali menghampiri pak herry

saya berhasil pak

masak ? trus mana uangnya ?

katanya suruh nunggu dulu dia lagi jualan

nunggu ? biasanya saya manggil langsung di kasi cobak kamu tagih lagi siapa tau dikasi

oke pak

Lalu gue kembali melihat abang itu dan ternyata dia udah hilang ditelan bumi kampreett. Gue kembali menghampiri pak herry

gimana udah dapet uangnya ?

emmm dia kabur pak tadi saya liat orangnya udah gak ada

hahahaha serius kabur ?, kayaknya kamu gak ada bakat malak orang wajar aja sih mukakmu lebih mirip gelandangan jadi dia gak ada takut-takutnya’ kata pak herry meledek gue

Gue gak tau kenapa tapi rasanya gue seperti mempunyai keluarga baru disana meskipun kadang kita berantem tapi semua tetap kembali seperti semula gue merasakan kenyamanan bahkan gue pernah punya pacar disana yaa walaupun berakhir tragis, dia ninggalin gue dengan alasan kamu terlalu baik buat aku lalu besoknya dia jadian dengan cwok lain, tapi terlepas dari semua itu hidup gue benar-benar damai disana sampai pada suatu hari negara api menyerang , ada seorang manager baru yang mukaknya sok baik tapi di belakang liciknya minta ampun, ketentraman gue mulai terganggu, orang yang baru dateng malah jadi belagu restaurant yang awalnya damai sejahtera berubah menjadi kontras antara bagian depan ( waitres ) dan belakang ( kitchen ) gue merasa sejak kedatangan dia suasana menjadi tidak kondusif, saling sindir,berdebat sampai menimbulkan perpecahan, membuat semua karyawan menjadi tidak betah. Satu lagi masalah saat kita masih jadi pegawai adalah harus menunggu gaji setiap akhir bulannya yang membuat selalu deg-degan, belum lagi jika anak rantauan yang mempunyai banyak tanggungan harus bisa survive di akhir bulan, temen gue puja bahkan mempunyai 21 resep makanan dari mie instan, ditambah dengan gue yang mempunyai cicilan sepeda motor membuat semua jadi terasa berat, semua ini jadi membuat gue berfikir apa ini juga bukan tempat yang cocok buat gue ? apa gue harus pindah lagi ?. siang itu seperti biasa gue pergi bekerja panas terik matahari membuat gue harus menggunakan sarung tangan, di lampu merah dari kejauhan gue melihat ibu-ibu menggendong anaknya yang masih bayi dan satu anaknya yang mengikutinya di belakang sedang berjualan beberapa aksesoris seperti gelang,kalung, dan kipas lipat gue salut ibu ini karna dia mau bekerja dan tidak memilih untuk mengemis. di tengah terik matahari dia menjajalkan dagangannya berjalan kaki dari satu tempat ke tempat yang lain menggunakan pakaian lusuh dengan rambut yang kusut. Sedangkan banyak orang dengan kondisi yang sehat dan materi yang cukup malah malas bekerja berlagak seperti sosialita , gue lalu mengendarai kembali motor menuju tempat kerja di perjalanan pikiran gue masih tertuju pada ibu itu, terkadang semua masalah yang kita alami hanya butuh waktu untuk pergi semua tidak selalu harus di pikirkan terkadang ada beberapa hal yang harus kita biarkan berlalu, karna hidup itu seperti mesin kopi yang memproses biji kopi menjadi beberapa kopi yang enak dengan berbagai macam jenis dan rasa, yang kita perlu lakukan hanyal bersyukur dan menjalani dengan penuh semangat dan keyakinan suatu saat kita bisa menjadi orang yang sukses entah dari mana datangnya tapi gue percaya semuanya sudah ada yang ngatur J









I Gede Wahyu Wiguna



2 Comments