Hari senin selalu menjadi hari yang berat untuk mengawali minggu, gimana gak berat setelah libur yang cuma sehari dan masuk kerja lagi itu rasanya males banget sumpahh,ibarat kita lagi main PS di rental pas lagi seru-serunya tvnya mati karna waktu sewa habis.dan yang lebih parahnya lagi nyari senin ke minggu itu butuh 6 hari sedangkan nyari minggu ke senin cuma butuh 1 hari gak adil banget kan....
dan penyakit yang tiba saat senin itu biasanya disebut monday sickness, gejala monday sickness itu biasanya mata ngantuk,pikiran kosong,badan lemes digerakin buat berangkat kerja, untuk daerah pariwisata sekelas kuta kemacetan sudah menjadi makanan sehari-hari gue. untuk daerah yang kecil dengan jumlah penduduk yang semakin bertambah tiap tahunnya gue masih heran kenapa ada aja orang yang parkir kendaraan sembarangan,punya mobil mewah tapi gak punya parkir itu kayak lo udah kebelet kawin tapi gatau sama siapa kan kampret,
kenapa pemerintah tidak mewajibkan customer mempunyai garasi dulu sebelum membeli kendaraan, lama-lama jalanan makin sempit dan yang kasihan siapa? ya orang-orang kayak gue yang kerja berpacu dengan waktu cuma biar gak dimarahin atasan. giliran mobilnya kena senggol dikit marahnya kayak mau bunuh orang,

Siang itu gue sengaja berangkat kerja agak cepat karna mau ganti oli motor ke bengkel dulu, perkiraannya sekitar 10 menit kelar lahh, dari rumah gue berangkat jam 2 siang, jaga-jaga biar gak macet. dan ternyata semua rencana di luar dugaan gue, ganti oli cepet dan jalanan gak macet entah dewi fortuna berpihak pada gue atau bukan yang jelas jalanan hari itu lancar jaya udah kayak paha miyabi muluss cuyy, gak terasa gue bawa motor udah dekat tempat kerja gue liat jam masih jam 3:20 siang, yang artinya masih ada waktu sekitar 40 menit lagi sampai jam kerja, karna masih lama gue iseng melimpir ke dagang cilok yang ada di pinggir sungai (tukad mati) buat sekedar makan sambil duduk melihat kendaraan yang lalu-lalang, gue memarkirkan motor dan memesan cilok

"pak ciloknya satu yang pedes yaa" kata gue
"siap mass" jawab kang cilok

gue lihat di sekitar sungai banyak sampah plastik berserakan dengan air sungai yang berwarna coklat di dekat penjual cilok ada seorang bapak-bapak yang duduk di pinggir sungai sambil makan cilok, gue duduk di sebelah beliau karna lupa menanyakan nama panggil saja pak anto

" baru pulang kerja mas ?" tanya bapak itu
" kebetulan saya baru mau berangkat kerja mas karna waktunya masih lama jadi mampir kesini dulu beli cilok"
" Ohh gitu"
"bapaknya baru pulang kerja yaa?"
"iyaa mass"
"kalo boleh tau kerja dimana pak?"
"saya kerja di deket sini mas jadi konstruksi villa" jawab bapak itu sambil memakan ciloknya
" bapak asli mana?"
"saya dari sumba mass"
"udah lama tinggal di bali pak?"
"udah sekitar 6 tahunan lahh mas"
"Gimana, enak pak dibali?"
"kalok ditanyak sih enakan di kampung mas, dikuta sumpek macetnya parah"
"iyaa saya kira juga tadi bakal macet eh taunya engga"
"oh iya mas dari mana saya sampek lupa nanyak" tanya pak anto
" Saya asli tabanan mass"
"ohh tabanan, saya dulu pernah buat ruko disitu"
"ohh gitu yaa, emang sekarang banyak pembangunan diman-mana"
"iyaa mass beda waktu dulu saya pertama kali ke bali semua masih banyak sawah hijau sekarang udah beton semua mas"
"yaa gitu deh pembangunan jalan terus tanpa peduli lingkungan mas bali udah beda, di sumba alamnya masih bagus ya ?"
"wahh kalo di sumba masih bagus mas lapangan hijau masih lebih banyak dari disini"
"sumba itu yang banyak padang savana gitu kan?"
"iyaa mass kayak yang ada di film-film itu"
sejenak gue bengong melihat air sungai yang sudah keruh penuh sampah "enak yaa dikampungnya mas"
" iyaa namanya juga di kampung mas, tapi penghasilannya masih sedikit makanya saya merantau" sambung pak anto
" Mungkin 10 th lagi anak-anak gak tau gimana asiknya main sepak bola di lapangan hijau,atau main layangan di sawah sampek dicariin emaknya, saya dulu ngerasain mas dan itu seru banget beda sama sekarang"
" yahh namanya juga perkembangan jaman mas, di kampung saya justru masih banyak yang gak tau gadget listrik apalagi"
" Iyaa sih pak tapi menurut saya di bali sudah terlalu sumpek sekarang terutama di bali selatan"
" betul mas saya juga ngerasa begitu " potong tukang cilok
" ahh kamu ikutan aja dang" jawab pak anto

Pak dadang adalah orang sunda yang sudah dari kecil tinggal di bali

" lhoo aku gaboleh ikutan curhat toh?"
" boleh kok pak makin banyak makin seru" kata gue membalas dengan ramah
"tuh kan boleh kata masnya hehe"
"bapaknya dari mana?" tanya gue
"saya dari garut mass"
" kumaha damang? " gue mencoba menyapa dalam bahasa sunda yang gue tau
"damang" jawab pak dadang
" pak dadang juga ngerasa hal yang sama yaa ?" tanya gue
"iyaa mass saya itu suka mancing, udah banyak pantai-pantai yang saya datangi di bali buat menyalurkan hobi saya itu dan masalahnya selalu sama"
"apa itu mas ? " tanya gue lagi
"sampah mass, dimana-mana sampah bahkan pernah yaa waktu itu saya mancing eh yang dapet pembalut"
"wahh ikannya lagi mens kali tuh pak" potong pak anto sambil tertawa
"ngawur ini mana ada ikan mens yang kan mas"
" hahaha iyalah mass ikan kan bertelur kecuali masnya mancing ikan paus tuh mungkin karna dia mamalia hahahaha "  jawab gue
" yaa kali saya mancing paus mas yang ada saya jadi makanannya"
"tenang dang pausnya juga males kali kalo makan kamu" Sahut pak anto tertawa puas
" pak anto ini emang jago kalo ngatain orang yaa "
"hahaha sabar yaa pak, jadi pak dadang dan pak anto udah saling kenal ?"
"iyaa mas pak anto ini langganan cilok saya, langganan ngutang maksudnya mass"
"hahaha bisa ngelawak juga pak dadang" jawab gue
" jadi gitu mass karna banyak jadi susah mancing ikan kecuali ke tengah laut, belum lagi ada reklamasi di benoa kan banyak tuh yang nyari penghidupan dari sana mas"
"iyaa denger-denger masih jalan yaa proyeknya mas ?" tanya pak anto juga
" setau saya sih masih mass,ijinnya juga di perpanjang lagi katanya padahal tuan rumahnya banyak yang menolak tapi tamunya ngotot pengen masuk aja" jawab gue
" saya sih juga gak setuju sebenarnya mas tapi mau gimana lagi suara rakyat kecil kayak kita toh juga gak didengar" jawab pak dadang
" sama saya juga jadi berpikir kalo nanti volume air laut makin meningkat bali bisa tenggelam kena abrasi, sekarang saja ujan dikit udah banjir di kuta"
" yaa caranya cuma satu sih mas jangan buang sampah sembarangan" jawab gue
" kalo itu saya juga setuju mass, pak dadang sini kereseknya saya mau buang sisa-sisa sampah cilok neh" jawab pak anto
" siapp ini mass saya selalu bawa keresek buat sampah yaa walaupun tindakan kecil setidaknya saya bisa ngasi contoh baik buat orang lain mas"
" wahh salut sih sama kalian bukan orang sini tapi peduli lingkungan juga"
" lahh kita kan warga indonesia mass semua satu sodara apalagi saya numpang tinggal disini yaa harusya kan ikut ngejaga yaa mas biar bisa ditinggalin lebih lama lagi"
"betul itu" sahut pak dadang
" hahaha iya juga yaa ngomong-ngomong makasi yaa pak ngobrol sama kalian ngebuka pemikiran saya"
" siapp lah mas sama-sama"

ditengah orang-orang asing ini entah kenapa suasana menjadi hangat hanya ada obrolan seru tanpa peduli latar belakang masing-masing, mungkin kami berbeda tapi dari sanalah kami belajar hal-hal baru yang di temui dari orang-orang berbeda

"wahh sudah waktunya saya kerja nih pak, saya ijin pamit duluan yaa"
" oalah karna keasikan ngobrol sampe lupa waktu saya, udah sore ternyata"
"iyaa dang saya juga pulang dulu yaa udah ada anak istri yang nunggu dirumah hehehe" sahut pak anto
" biasanya juga kamu malas pulang malas di tagih uang bulanan kan "
" hahahaha bapak-bapak ini masih aja ngelawak yaudah saya pamit duluan yaa"

gue pun menaiki motor langsung tancap gas ke restaurant, ternyata senin tidak seburuk itu"


1 Comments